BDR Tema 8 Subtema 2 Kegiatan 2

     السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Semangat pagi...

Semoga Ananda senantiasa ada dalam Rahmat dan lindungan Allah SWT. Kegiatan Belajar di Rumah hari ini Kamis, 25 Maret 2021.

Kita akan belajar  : IPA

Kompetensi Dasar: 

3.8. Menjelaskan peristiwa rotasi dan revolusi bumi serta terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari

Tujuan Pembelajaran: Siswa dapat mengidentifikasi gerak bulan dan kenampakannya dari bumi

Materi Pokok: Gerak bulan dan kenampakannya dari bumi

Sebelum belajar silahkan isi daftar hadir di bawah ini:


Jangan lupa berdo'a sebelum belajar dan melakukan pembiasaan Gerakan 5M yaitu:

  1. Memakai Masker
  2. Mencuci Tangan
  3. Menjaga Jarak
  4. Menjauhi Kerumunan
  5. Mengurangi Mobilitas menuju masyarakat sejahtera
APERSEPSI

    Bulan merupakan satelit alami bumi. Jika dil ihat dari bumi, bulan tampak bersinar terang karena memantulkan cahaya dari matahari. Nah, pada pembelajaran ini kita akan mempelajari materi tentang gerak bulan dan kenampakannya dari bumi.

MATERI

Gerak Bulan dan Kenampakannya dari Bumi

    Bulan merupakan satelit alami bumi. Jika dilihat dari bumi, bulan tampak bersinar terang karena memantulkan cahaya dari matahari. Kenampakan bentuk bulan dari bumi terlihat tidak tetap. Hal tersebut dipengaruhi oleh kedudu kan bulan. Kedudukan bulan merupakan posisi bulan terhadap bumi dan matahari. Bulan mengalami tiga gerakan sekaligus, yaitu berputar pada porosnya (rotasi), beredar mengelilingi bumi (revolusi terhadap bumi), dan bersama bumi beredar mengelilingi matahari (revolusi terhadap matahari).
Peredaran bulan mengelilingi bumi dan kenampakan bentuk bulan saat me lakukan peredaran tersebut

Keterangan:
  • Ciri-ciri bulan baru, yaitu bulan yang menghadap bumi tidak menerima cahaya dari matahari, sehingga bulan tidak dapat terlihat dari bumi. Fase ini terjadi pada hari ke 1.
  • Ciri−ciri bulan sabit, yaitu jika dilihat dari bumi, maka terlihat penampakan bulan yang m elengkung seperti sabit. Fase ini terjadi pada hari ke−4 dan ke−25.
  • Ciri−ciri bulan separuh, yaitu bulan tampak seperti setengah lingkaran. Fase ini terjadi pada hari ke−8 dan ke−21.
  • Ciri−ciri bulan cembung, yaitu jika dilihat dari bumi, maka terlihat penampakan bulan seperti cakram. Fase ini terjadi pada hari ke−11 dan ke−17
  • Ciri−ciri bulan purnama, yaitu bulan berada pada sisi berlawanan dengan bumi, sehingga cahaya matahari sepenuhnya terkirim bulan. Fase ini terjadi di hari ke−14.
    Kenampakan bentuk bulan dapat berbeda−beda. Hal tersebut disebabkan oleh pengaruh rotasi dan revolusi bulan. Waktu untuk bulan berotasi sama dengan waktu bulan berevolusi yaitu 29,5 hari. Selain perubahan pada kenampakannya, revolusi bulan juga mengakibatkan peristiwa pasang naik dan pasang surutnya air laut, serta peristiwa gerhana.

Gerakan Bulan dan Peristiwa Gerhana Bulan

    Selain bumi yang bergerak, bulan sebagai satelit alami bumi juga mengalami pergerakan. Bulan bergerak dengan rotasi dan revolusi. Rotasi bulan adalah gerakan bulan bergerak berputar pada porosnya. Revolusi bul an adalah gerakan bulan mengelilingi bumi. Bulan bersama bumi juga mengelilingi matahari. Waktu yan g dibutuhkan bulan untuk rotasi hampir sama dengan waktu revolusinya. Oleh karena itu, penampakan permukaan bulan yang dilihat dari bumi selalu sama.
    
    Setiap bulannya, penampakan bulan berubah ubah jika dilihat dari bumi. Ini yang dinamakan dengan fase bu lan. Fas bulan dipengaruhi oleh posisi bulan, bumi, dan matahari. Salah satu dampak dari gerakan bulan adalah peristiwa gerhana bulan.

    Gerhana bulan, yaitu saat posisi matahari, bumi, dan bulan berada pada satugaris. Bulan akan terkena bayang bayang gel ap bumi karena matahari terhalang oleh bumi. Bayang-bayang gelap bumi dibedakan menjadi dua, yaitu umbra (bayang bayang paling gelap) dan penumbra (bayang bayang lebih terang).


Perhatikan skema terjadinya gerhana bulan berikut!
Gerhana Bulan Total

Gerhana Bulan Sebagian



Gerhana Bulan Penumbra

Berdasarkan letak bulan terhadap daerah bayang bayang bumi, gerhana bulan dibedakan menjadi tiga, yaitu”
  • Gerhana Bulansebagian terjadi saat sebagian bulan memasuki daerah umbra dan sebagian lainnya masuk ke daerah penumbra bumi. Kenampakan bulan sebagia berwarna gelap d an sebagian lainnya terang.
  • Gerhana Bulan total terjadi saat posisi bulan berada dalam daerah umbra bumi. Kenampakan bulan menjadi gelap dan berwarna merah, tetapi masih terlihat garislingkaran bulan.
  • Gerhana bulan penumbra terjadi saat bulan berada di daerah penumbra bulan. Kenampakan bulan akan seperti bulan purnama, tetapi berwarna sedikit gelap. Gerhana bulan mengakibatkan pasang naik tertinggi dan pasang surut terendah air laut. Hal tersebut disebabkan gaya gravitasi bulan yang cukup besar sehingga me narik air laut. Pasang naik tertinggi berdampak pada masuknya air laut ke wilayah pesisir, besarnya dike nal sebagai banjir rob. Daerah lain di bumi yang mengalami pasang surut terendah mengakibatkan kapal sulit berlabuh di dermaga.

    EVALUASI
    Yuk, kita kerjakan latihan soal berikut!
      Diskusikan pernyataan pernyataan berikut, lalu tulislah benar atau salah pada pernyataan pernyataan tersebut. Setelah itu, jelaskan alasannya!

      No

      Pernyataan

      Benar/ Salah

      Alasan

      a.

      Waktu revolusi bulan hampir sama dengan waktu rotasinya

       

       

      b.

      Saat posisi bumi berada di antara posisi bulan dan matahari, maka kenampakan bulan terlihat sebagai bulan purnama

       

       

      c.

      Bulan baru dicirikan dengan tidak tampaknya bulan karena bulan tidak dapat memantulkan cahaya matahari

       

       

      d.

      Pada sistem kalender hijriyah, bulan purnama terjadi pada pertengahan bulan

       

       


      Amatilah skema kenampakan bulan berikut! Tulislah fase fase bulan yang ditunjukkan pada gambar A, B, dan C beserta ciri cirinya!



      MARI BERLATIH

      Yuk, kita kerjakan tugas berikut!
      Perhatika gambar berikut! Setelah itu, jawablah soal soalnya pada kolom yang tersedia!
      1. Peristiwa pada gambar di atas adalah gerhana bulan purnama. Mengapa peristiwa tersebut dapat terjadi? Jelaskan! . . . .
      2. Buatlah skema peristiwa gerhana bulan purnama beserta penjelasannya! . . .  .
      3. Jelaskan akibat peristiwa tersebut terhadap kehidupan di bumi! . . . .
      KESIMPULAN
      • Bulan merupakan satelit alami bumi. Jika dilihat dari bumi, bulan tampak bersiar terang karena memantulkan cahaya dari matahari. Kenampakan bentuk bulan dari bumi terlihat tidak tetap. Hal tersebut dipengaruhi oleh kedudukan bulan.
      • Kenampakan bentuk bulan dapat berbeda−beda. Hal tersebut disebabkan oleh pengaruh r otasi dan revolusi bulan. Waktu untuk bulan berotasi sama dengan waktu bulan berevolusi yaitu 29,5 hari.
      • Gerhana Bulan sebagian terjadi saat sebagian bulan memasuki daerah umbra dan sebagian lainnya masuk ke daerah penumbra bumi. Gerhana Bulan total terjadi s aat posisi bulan berada dalam daerah umbra bumi. Kenampakan bulan menjadi gelap dan berwarna merah, tetapi masih terlihat garis lingkaran bulan.
      • Gerhana bulan penumbra terjadi saat bulan berada di daerah penumbra bulan. Kenampakan bulan akan seperti b ulan purnama, tetapi berwarna sedikit gelap.

      Related

      Kegiatan 5449479608952885133

      Post a Comment

      emo-but-icon

      item