BDR Tema 8 Subtema 2 Kegiatan 4

   السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Semangat pagi...

Semoga Ananda senantiasa ada dalam Rahmat dan lindungan Allah SWT. Kegiatan Belajar di Rumah hari ini, kita akan belajar  : Pendidikan Lingkungan Hidup

Tujuan Pembelajaran: 

Peserta didik dapat memahami penyebab terjadinya erosi

Peserta didik dapat membuat project sederhana tentang membuat praktik erosi

Materi Pokok: Penyebab Erosi

Sebelum belajar silahkan isi daftar hadir di bawah ini:

Jangan lupa berdo'a sebelum belajar dan melakukan pembiasaan Gerakan 5M yaitu:

  1. Memakai Masker
  2. Mencuci Tangan
  3. Menjaga Jarak
  4. Menjauhi Kerumunan
  5. Mengurangi Mobilitas menuju masyarakat sejahtera

APERSEPSI

Perhatikan gambar di bawah ini!


Apa yang kalian ketahui tentang gambar tersebut?

MATERI 

Proses terjadinya erosi memang berlangsung dalam jangka waktu yang tidak dapat diperkirakan, maksudnya adalah bisa saja terjadi dalam jangka waktu yang lama atau bisa saja terjadi dalam jangka waktu yang sangat cepat tergantung dari faktor penyebab erosi. Dan berikut adalah macam-macam erosi yang disebabkan oleh faktor alam :

  1. Erosi oleh Air – Erosi yang disebabkan oleh air yang mengalir disebut juga sebagai ablasi. Air yang mengalir secara terus menerus dalam jangka waktu yang panjang akan menyebabkan adanya gesekan terhadap tanah. Gesekan terhadap tanah akan semakin membesar apabila kecepatan dan jumlah air yang mengalir semakin besar. Kecepatan air juga akan semakin besar apabila tingkat kemiringan lahan besar. Dimana gesekan yang terjadi antara air dan benda-benda padat ikut terangkut oleh air dengan tanah atau batuan yang dapat mengakibatkan terjadinya pengikisan.
  2. Erosi oleh Air Laut – Erosi oleh air laut atau abrasi adalah peristiwa pengikisan yang disebabkan poleh air laut sebagai hasil dari erosi marine. Besar kecilnya abrasi dipengaruhi oleh besar kecilnya kekuatan gelombang laut. Biasanya erosi ini terjadi di daerah pantai yang disebabkan oleh gelombang air laut yang terjadi secara terus menerus. Beberapa bentukan hasil abrasi antara lain adalah cliff, dataran abrasi, relung, pantai fyord dan pantai skeren.
  3. Erosi oleh Es – Erosi yang disebabkan oleh es atau gletser adalah eksarasi. Erosi ini hanya akan terjadi di daerah yang memiliki musim salju atau di daerah pegungungan yang tinggi. Gletser adalah lapisan es yang bergerak menuruni lembah di lereng pegunungan dimana proses bergerak menuruni lembah ini terjadi karena gaya beratnya sendiri yang nantinya akan membuat kikisan di kanan kiri lembah. Hasil kikisan gletser tersebut nantinya diendapkan di ujung glester ketika gletser mulai mencair. Endapan oleh gletser tersebut diberi nama moraine. Contoh hasil gletser salah satunya adalah danau glasial yang terbentuk karena lapisan tanah yang mengalami pengikisan sehingga terbentuk suatu lekungan
  4. Erosi oleh Angin – Erosi yang terjadi karena tenaga angin adalah deflasi. Deflasi ini banyak ditemukan di daerah gurun yang memiliki tenaga tiupan angin kencang yang disertai pasir dan batuan lainnya. Batuan yang mengalami pelapukan akan diangkut oleh angin dimana apabila kekuatan angin akan semakin melemah dan kemudian hasil pelapukan batuan tersebut jatuh dan diendapkan. Hasil dari pengikisan ini dinamakan sebagai batuan jamur.
MARI BERLATIH

PERHATIKAN VIDEO BERIKUT INI!

SILAHKAN KALIAN COBA SIMULASIKAN SEPERTI VIDEO DIATAS,KEMUDIAN BUAT KESIMPULAN DARI PERCOBAAN TERSEBUT!


KESIMPULAN

Proses terjadinya erosi memang berlangsung dalam jangka waktu yang tidak dapat diperkirakan, maksudnya adalah bisa saja terjadi dalam jangka waktu yang lama atau bisa saja terjadi dalam jangka waktu yang sangat cepat tergantung dari faktor penyebab erosi. Dan berikut adalah macam-macam erosi yang disebabkan oleh faktor alam :

  1. 1. Erosi oleh Air
  2. 2. Erosi oleh Air Laut
  3. 3. Erosi oleh Es
  4. 4. Erosi oleh Angin

Related

Kegiatan 6967883046944819673

Post a Comment

emo-but-icon

item