BDR Kelas 6A Tema 1 Subtema 1 Kegiatan 1 Tahun Pelajaran 2021/2022

 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Semangat pagi...

Bapak ucapkan selamat datang di kelas baru kelas 6a tahun pembelajaran 2021/2022 kepada anak-anak kelas 6a semua 

Semoga Ananda senantiasa ada dalam Rahmat dan lindungan Allah SWT. 

ini adalah hari pertama Kegiatan Belajar Mengajar di semester 1 Tahun Ajaran 2021/2022 semoga kita diberikan kelancaran dalam menuntut ilmu dan semoga Allah SWT memberikan keberkahan terhadap ilmu yang kita tuntut.

Kegiatan Belajar di Rumah hari pertama ini Senin, 26 Juli 2021 kita akan belajar Tema 1 Subtema 1 Kegiatan 1 yang terdiri dari muatan pelajaran PPKn dan Bahasa Indonesia

Kompetensi Dasar :

PPKN : 3.1. Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Bahasa Indonesia : 3.1. Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang dibaca.

Tujuan Pembelajaran: 

  • Peserta Didik dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
  • Peserta Didik dapat Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang dibaca.

Materi Pokok: 

  • Penerapan Nilai-nilai Pancasila
  • Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang dibaca

Sebelum belajar silahkan isi daftar hadir pada tautan di bawah ini:

Jangan lupa berdo'a sebelum belajar dan melakukan pembiasaan Gerakan 5M yaitu:

  1. Memakai Masker
  2. Mencuci Tangan
  3. Menjaga Jarak
  4. Menjauhi Kerumunan
  5. Mengurangi Mobilitas menuju masyarakat sejahtera
APERSEPSI:

Lengkapi butir-butir Pancasila berikut ini:

Kata-kata yang kamu tuliskan di atas merupakan nilai-nilai yang terkandung di setiap sila dalam Pancasila. Apa saja? Coba sebutkan kembali!
Tahukah kamu lambang-lambang sila dalam Pancasila dan makna yang terkandung dalam Burung Garuda?

MATERI
Setelah kamu tahu makna yang terkandung dalam Burung Garuda, sekarang coba kamu tuliskan sila yang sesuai dengan lambangnya!
Minta bantuan orangtuamu di rumah!


Sekarang kamu sudah tahu lambang sila kelima Pancasila adalah Padi dan Kapas.
Nah, sekarang coba kamu cermati teks tentang padi berikut ini :

Pengamatan Pertumbuhan Tanaman Padi
    Padi merupakan jenis tanaman pangan yang mempunyai peran penting sebagai tanaman pangan dunia. Padi sebagai penghasil beras ini tergolong dalam jenis tanaman rumput-rumputan. Semakin meningkatnya permintaan beras membuat begitu penting peran budidaya padi, terutama di Indonesia. Indonesia termasuk negara dengan makanan pokok beras dan pengonsumsi beras terbesar. Salahsatu tantangan yang muncul dalam budidaya padi adalah menurunnya produktivitas lahan yang disebabkan penerapan cara budidaya yang tidak memperhatikan keadaan faktor lingkungan dan tidak bersifat berkelanjutan.
    Penggunaan lahan secara terus menerus bisa menjadikan penurunan fungsi lahan dalam penyediaan berbagai unsur hara yang dibutuhkan tanaman. Terdapat berbagai cara untuk meningkatkan produktivitas lahan. Namun penerapan budidaya yang baik dan benar menjadi syarat pokok dalam meningkatkan produktivitas tanaman, terutama padi.
    Kualitas benih merupakan kunci keberhasilan dalam budidaya padi. Benih yang berkualitas mampu beradaptasi, memiliki pertumbuhan yang cepat serta seragam, tumbuh lebih cepat, dan tinggi nilai produktivitasnya. Pemilihan benih berkualitas dapat dilakukan dengan mudah, yaitu dengan merendam benih dalam larutan garam dengan menggunakan indikator telur. Letakkan telur di dasar air dan masukkan garam hingga telur terangkat di permukaan. Selanjutnya telur diambil dan masukkan benih padi. Benih yang mengambang dibuang.
    Persemaian benih bisa dilakukan 25 hari sebelum masa tanam. Tempat untuk persemaian diusahakan sama atau tidak terlalu jauh dari lahan untuk menjaga kesegaran waktu proses pemindahan. Yang paling perlu diperhatikan adalah drainase harus baik agar benih tidak kelebihan air.
    Panen bisa dilakukan ketika bulir padi hampir keseluruhan telah menguning yang biasanya 33-36 hari setelah padi berbunga. Cara panen dapat dilakukan secara manual menggunakan sabit dengan memotong pangkal batang atau dengan mesin reaper harvester untuk menghemat waktu. Panen dilakukan serentak dalam satu lahan untuk mengurangi risiko diserang hama. 

Sumber : farming.id (dengan perubahan)


Setelah membaca teks di atas, coba kamu tuliskan 10 fakta tentang tanaman padi berdasarkan teks tersebut dibuku catatanmu apabilal sudah selesai scan atau fotolah hasil catatanmu itu dan kirim ke whatsapp wali keluasmu!

selamat belajar, tetap semangat dan jaga kesehatan


Related

Kegiatan 430080444416539225

Post a Comment

emo-but-icon

item