Tema 2 Minggu ke 2 Kegiatan 3 Kelas 6 Tahun Pelajaran 2021/2022

🙏السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Selamat Pagi dan Semangat pagi...

Semoga Ananda senantiasa ada dalam Rahmat dan lindungan Allah SWT. 🤲

pada hari ini Senin 31 Agustus 2021 kita akan belajar IPA

Kompetensi Dasar : 3.3. Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Sebelum mulai belajar, sudahkah melakukan ini?

  • Mandi sampai bersih
  • Memakai pakaian yang rapi
  • Sarapan
  • Berdoa sebelum belajar
  • Menyanyikan lagu “Tanah Airku"
Silahkan isi daftar hadir pada tautan di bawah ini:



Setelah kalian mengenal ciri khusus pada hewan, sekarang mari kita mengenal ciri khusus pada tumbuhan.

Batang tumbuhan teratai memiliki rongga. Selain itu, tumbuhan teratai memiliki daun yang lebar dan tipis. Manfaat rongga pada batang teratai adalah untuk membuat teratai dapat mengapung di atas air. Sedangkan manfaat bentuk daun teratai yang lebar dan tipis adalah untuk mempercepat proses penguapan air mengingat teratai tumbuh di areal perairan tenang.

Akar kaktus sangatlah panjang dan daunnya berbentuk seperti duri. Manfaat akar kaktus yang panjang adalah untuk menjangkau sumber air yang berada puluhan meter di bawah tanah. Sedangkan manfaat bentuk daunnya yang menyerupai duri adalah untuk mengurangi penguapan (fungsinya sama seperti pohon jati) dan sebagai alat pertahanan diri.

Batang tumbuhan mawar memiliki duri yang disebut spina. Manfaat duri ini adalah sebagai alat pertahanan diri dari hewan pengganggu.

Daun pohon jati dapat gugur (meranggas) dengan sendirinya setiap musim kemarau keempat. Manfaat kemampuan menggugurkan daunnya sendiri ini adalah untuk mengurangi penguapan sehingga persediaan air di dalam batang pohon jati mencukupi walaupun di saat tanah sangat kering sekalipun

Tumbuhan ini memiliki semacam kantong yang di dalamnya berisi nektar. Manfaat kantong ini adalah untuk menjebak serangga dan mencernanya. Kantong semar adalah salah satu tumbuhan karnivora


Bunga bangkai yang sudah mekar memiliki bau yang sangat busuk seperti bangkai. Ini sangat berbeda dengan kebanyakan bunga yang justru berbau wangi. Manfaat bau busuk tersebut adalah untuk menarik para serangga untuk mendekatinya dan secara tidak sadar serangga tersebut telah membantu proses penyerbukan bunga bangkai.

Latihan

Seret dan jatuhkan setiap kata kunci di samping definisinya


Selamat belajar, tetap semangat dan jaga kesehatan

Related

Kegiatan 5743731336879246400

Post a Comment

  1. Rizki Rafandi Sujana Putra 6A

    Rizki Rafandi Sujana Putra sudah mengerjakan tugas pak 🙏🏻

    ReplyDelete

emo-but-icon

item