Bahasa Indonesia Kelas 6

Kata Baku 

Kata baku adalah kata yang penulisannya telah disesuaikan dengan pedoman ejaan dan penulisan yang telah ditetapkan. Aturan penulisan kata baku terdapat pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kata baku umumnya digunakan dalam penulisan dokumen-dokumen resmi ataupun karya ilmiah. Berikut beberapa contoh kata baku beserta kata tidak bakunya.

Kata Baku

Kata Tidak Baku

Pernapasan

Pernafasan

Aktivitas

Aktifitas

Dahulu

Dulu

apotek

apotik


Contoh Soal Pembahasan 

1. Bacalah kalimat rumpang berikut! 
    [...] warga terhadap kebersihan lingkungan tempat tinggalnya masih sangat rendah. 

    Kata baku yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah .... 

    A. peduli                 C. kepedulian 
    B. perduli                D. keperdulian 
         
    Jawaban: C 
    Kata baku yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah kepedulian.

2. Bacalah kalimat berikut! 
    Penanganan yang tepat terhadap wabah dipteri penting dilakuin untuk menyegah meluasnya wabah        penyakit tersebut. 

Tulislah kesalahan penulisan kata pada kalimat tersebut! 

Jawaban:
Kesalahan penulisan kata pada kalimat  tersebut, yaitu dipteri, dilakuin, dan menyegah. Penulisan yang benar, yaitu difteri, dilakukan, dan mencegah.

Latihan Soal. 


1. Bacalah kalimat berikut!
    Berdasarkan hasil survai, ada 30 siswa kelas VI SD Negeri 182 Perumnas Cijerah yang hobi                   membaca novel anak.

    Bentuk baku dari kata yang dicetak miring adalah .... 
    A. survei                             C. survey 
    B. sarvei                             D. survay

2. Bacalah kalimat rumpang berikut!
    Sebaiknya, kita tidak (... ) materi pelajaran, tetapi memahaminya.
    Kata baku yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah .... 
    A. mengafalkan 
    B. mengapalkan 
    C. menghafalkan 
    D. menghapalkan 

3. Kalimat berikut yang ditulis menggunakan kata baku adalah ... 
    A. Ibu menebus resep dari dokter di apotik. 
    B. Ujian praktek akan diadakan mulai minggu depan. 
    C. Ibu guru menjelaskan materi pelajaran dengan rinci. 
    D. Bayu mengikuti les menggambar untuk mengembangkan kreativitasnya. 

4. Bacalah kalimat rumpang berikut!
    Pemerintah sedang berupaya membangun ( ... ) yang memadai di berbagai wilayah di Indonesia. 

    Kata baku yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah ....
    A. infarstruktur 
    B. interstruktur 
    C. intrastruktur 
    D. infrastruktur 

5. Bacalah kalimat berikut! 

Ibu baru saja membeli 1 kg cabe, 1 kg bawang merah, 1 kg bawang putih, 5 batang sereh, 500 g kacang ijo, dan 1 kotak santan instan di pasar tradisional. 

Tulislah kesalahan penulisan kata pada kalimat tersebut!


 Muatan Bahasa Indonesia KD 3.2 dan 4.2 

Mengidentifikasi Informasi Penting dari Teks Eksplanasi 

    Teks eksplanasi merupakan teks yang berisi informasi tentang suatu hal atau fenomena yang terjadi di masyarakat. Misalnya tentang budaya, gejala alam, dan proses terjadinya sesuatu. Seperti teks pada umumnya, kita dapat menemukan topik permasalahan dan simpulan dari teks eksplanasi.

    Topik permasalahan dapat ditemukan pada kalimat utama dalam setiap paragraf. Selain itu, kita juga dapat membuat simpulan dari sebuah teks eksplanasi. Kita dapat menuliskan simpulan dari sebuah teks eksplanasi dengan membaca keseluruhan isi teks.


Ayo Berlatih

  • Menyebutkan informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca
  • Mempresentasikan informasi penting dari teks eksplanasi dengan peta pikiran yang tepat 

Bacalah teks berikut dengan cermati Setelah itu, kerjakan soal-soalnya! 

Marconi, Sang Penemu Radio


    GuglieiImo Marconi lahir di Bologna, 25 April 1874. Marconi adalah seorang insinyur listrik Italia dan peraih Nobel. Marconi terkenal setelah mengembangkan sistem telegrafi tanpa kabel yang dikenal sebagai “radio” Ia menerima Nobel bersama Karl Braun pada tahun 1909.

    Saat berusia 20 tahun, Marconi terinspirasi oleh penemuan-penemuan Heinrich Hertz mengenai gelombang elektromagnetik. Gelombang ini tak tampak oleh mata, hanya bergerak lewat udara dengan kecepatan suara, Marconi berpendapat bahwa gelombang tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengirim tanda-tanda melintasi Jarak Jauh tanpa menggunakan kawat atau kabel. Komunikasi tersebut dapat berkembang melebihi telegram. Penemuannya berhasil setelah radio itu mengirim Informasi mengenai rusaknya kapal S.S. Republic dan tenggelam ke dasar laut. Berkat berita dari radio tersebut, sebagian penumpang dapat diselamatkan. Pada tahun berikutnya, berhasil mengirim berita melalui radio dari Irlandia ke Argentina yang berjarak lebih dari 6.000 mil atau sekitar 9.656 km. 

    Penemuan Marconi ini dapat kita rasakan manfaatnya sampai sekarang. Radio yang ada sekarang ditemukan oleh seseorang yang tidak kenal menyerah. Perjuangan yang melelahkan akan membuahkan hasil yang akan selalu diingat orang. Manfaat yang didapatkan dari radio dalam kehidupan sehari-hari, antara lain pengiriman berita, hiburan, keperluan militer, penyelidikan Ilmiah, dan tugas-tugas kepolisian.

  1. Apa topik yang dibahas pada teks di atas?
  2. Tuliskan kesimpulan dari teks di atas dalam bentuk peta pikiran berikut! 


3. Tuliskan jawabanmu di buku tugas, lalu bacakan hasilnya di depan kelas!


Muatan Bahasa Indonesia KD 3.2 dan 4

Menjelaskan Informasi Berdasarkan Struktur Teks Eksplanasi 

    Ayo, ingat kembali! Teks eksplanasi mengandung suatu pokok pembicaraan. Kita dapat menemukan informasi dari teks eksplanasi dengan menjawab pertanyaan: apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana. Teks eksplanasi bertujuan untuk memberikan penjelasan kepada pembaca mengenai proses terjadinya sesuatu. Teks eksplanasi memiliki struktur agar dapat dipahami dengan mudah. Struktur teks eksplanasi terdiri atas: pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelas (isi), dan penutup (simpulan). 

    Bagian pernyataan umum berisi informasi singkat tentang hal yang akan dibicarakan. Bagian penjelas berisi urutan uraian atau penjelasan tentang proses dari suatu peristiwa yang terjadi. Bagian penutup berisi simpulan dari teks atau dapat juga berisi pendapat penulis mengenai fenomena yang dijelaskan dalam teks.


Perhatikan teks berikut!

Pernyataan umum/ Pembuka
    James Watt, Sang Penemu Mesin Uap James Watt adalah penemu yang mengembangkan mesin uap sehingga menjadi dasar dari Revolusi Industri. Ia lahir pada tanggal 19 Januari, 1736 di Greenock, Skotlandia.
    
Deretan penjelas/isi

    Ketika berusia 18 tahun, Watt melakukan perjalanan ke London untuk melanjutkan studi tentang pembuatan instrumen dan peralatan selama satu tahun. Setelah itu, ia kembali ke Skotlandia dengan tujuan membuat sendiri bisnis pembuatan instrumennya. James Watt mulai melakukan percobaan setelah temannya, Professor John Robinson, mengenalkan tentang mesin uap. Pada tahun 1765, dia berhasil membuat sebuah model mesin uap yang dapat bekerja dengan baik.
    
Simpulan/penutup

    Sebagai penghargaan atas jasa-jasanya dalam pengembangan mesin uap, nama Watt diabadikan dan dijadikan sebagai satuan energi dengan simbol W oleh International System of Units/SI eperti yang kita kenal sekarang. Ia dikenal sebagai penemu yang memberi dampak positif bagi manusia. 

Sumber: http//www.ceritakecil.com/tokoh-ilmuwan-dan-penemu/James-Watt-2, diakses pada tanggal 16 April 2018, dengan penyesuaian

Mari Berlatih 

  • Menyebutkan informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca
  • Mempresentasikan informasi penting dari teks eksplanasi


Bacalah teks berikut dengan Saksama! Setelah itu, kerjakan soal-soalnya! 

Antonio Meucci, Pria Italia Penemu Telepon 

    Telepon merupakan alat komunikasi yang paling banyak digunakan pada zaman sekarang ini, Kegunaannya untuk menyampaikan pesan suara ataupun pesan teks kepada penerima pesan di tempat yang berbeda atau jarak jauh. Sebelum mengenal telepon, orang lebih banyak menggunakan mesin telegraf untuk mengirim pesan. Namun, ketika telepon sudah temukan, telegraf sudah mulai ditinggalkan.

    Dialah Antonio Santi Giuseppe Meucci, seorang penemu berkebangsaan Italia yang berhasil menemukan telepon. Imigran dari Firenze (Florence) Italia ini menciptakan telepon pada tahun 1849. Antonio Meucci lahir di San Frediano, pada 13 April 1880. Pada tahun 1850, Meucci pindah ke Staten Island, New York. Pada saat itu  Meucci sakit dan memerlukan banyak uang untuk berobat sehingga istrinya terpaksa menjual beberapa alat-alat ciptaannya seharga enam dolar untuk biaya pengobatan. Setelah sembuh, Meucci bekerja keras siang dan malam untuk kembali membuat alat-alat ciptaannya.

    Banyak orang yang mengira bahwa penemu telepon adalah Alexander Graham Beli, tetapi sebenarnya penemu telepon yang asli adalah Antonio Meucci. Oleh karena ada kesalahpahaman tersebut, maka diadakanlah Kongres Amerika. Pada tahun 2002, kongres Amerika Serikat menetapkan Antonio Meucci sebagai penemu telepon. Pada September 2001, Meucci dengan resmi diterima sebagai pencipta telepon oleh kongres Amerika. Meucci telah menciptakan telepon pada tahun 1849, sedangkan Bell membuat telepon pertama di Boston pada tahun 1876. 

Sumber: https://www.penemu.co/penemu-telepon-sebenarnya-antonio-meucci/ dan https://www.famousscientists.org/antonio meucci/, diakses pada tanggal 16 April 2018, dengan penyesuaian. 


1. Tentukan bagian pernyataan umum, deretan penjelas, dan penutup dari teks di atas! 

2. Tuliskan jawabanmu di buku tugas! Setelah itu, bacakan di depan kelas secara bergantian!


Muatan Bahasa Indonesia KD 3.2 dan 4.2 

Menyajikan Informasi Penting Teks Eksplanasi dalam Bentuk Diagram 

    Informasi penting dalam teks eksplanasi dapat disajikan dalam bentuk diagram. Informasi yang disajikan dapat diambil dari kalimat utama setiap paragraf. Ayo, ingat kembali cara menemukan informasi penting dalam teks eksplanasi! Kamu dapat menggunakan kata tanya apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana untuk menemukan informasi penting dalam teks eksplanasi. Berikut kata tanya dan fungsinya. 

No.

Kata Tanya

Jawaban yang Diharapkan

Contoh

1

Apa

Kegunaannya untuk menanyakan keadaan atau kegiatan yang berkaitan dengan isi teks.

Pengertian atau penjelasan dari halhal yang ditanyakan.

Apa itu radio?

Radio adalah alat komunikasi elektronik yang menggunakan sinyal-sinyal tertentu.

2

Siapa

Kegunaannya untuk menanyakan pelaku yang terkait dengan suatu peristiwa dalam teks.

Orang atau pelaku suatu peristiwa tersebut.

Siapa yang menemukan radio? Guglielmo Marconi.

3

Kapan

Kegunaannya untuk menanyakan waktu terjadinya suatu peristiwa dalam teks.

Jam, hari, bulan, tanggal, tahun, ataupun lamanya sebuah peristiwa.

Kapan radio ditemukan?

Tahun 1929.

4

Di mana

Kegunaannya untuk menanyakan tempat atau lokasi peristiwa dalam teks.

Tempat suatu peristiwa berlangsung atau tempat yang sedang digunakan dalam teks.

Di mana Marconi lahir?

Italia.

5

Mengapa

 

Kegunaannya untuk menanyakan alasan terjadinya suatu peristiwa.

Penyebab suatu peristiwa dapat terjadi.

Mengapa radio dibutuhkan?

Radio dibutuhkan karena kita dapat mendengarkan musik dan memperoleh informasi dari radio.

6

Bagaimana

 

Kegunaannya untuk menanyakan cara atau proses berlangsungnya suatu peristiwa, serta menanyakan keadaan tokoh atau lingkungan dalam teks.

Keadaan ataupun proses terjadinya peristiwa dalam teks.

Bagaimana cara kerja radio? Gelombang radio dipancarkan oleh gelombang pembawa, lalu oleh lapisan udara gelombang radio dipantulkan pada lapisan ionosfer. Setelah itu, dipantulkan kembali ke bumi dan ditangkap oleh menara penerima sinyal.


Bacalah teks berikut dengan cermat! Setelah itu, kerjakan soal-soalnya!
    Penemuan Mesin Cetak Gutenberg lahir di Kota Mainz, Jerman pada tahun 1398. Ia bekerja sebagai pembuat barang dari emas. Ketika bekerja sebagai tukang emas di Mainz, ia mendapatkan ide membuat mesin cetak agar ia dapat menghasilkan banyak surat dalam waktu yang singkat. Gutenberg membuat acuan huruf logam dengan menggunakan timah hitam. Gutenberg membuat ratusan bentuk huruf untuk meniru bentuk tulisan tangan tegak-bersambung. Setelah itu, Gutenberg membuatkan mesin cetak yang dapat bergerak untuk mempercepat proses pencetakan. Mesin cetak bergerak inilah sumbangan terbesar Gutenberg yang dikenal sampai saat ini. 

Sumber: https//www.penemu.co/penemu-mesin-cetak-johannes-gutenberg/, , diakses pada tanggal 18 April 2018, dengan penyesuaian. 
Jawablah pertanyaan-pertanyaan dalam diagram berikut!



Related

Kegiatan 7354045300529124974

Post a Comment

emo-but-icon

item