Kegiatan Belajarku Hari ini Tema 3 Subtema 2 Kegiatan 2

Kegiatan Belajarku Hari ini

Bahasa Indonesia

Tujuan Pembelajaran:

  1. Melalui kegiatan membaca, siswa mampu mengidentifikasi kalimat efektif dari teks tentang penemuan dan manfaatnya dengan benar
  2. Setelah membaca, siswa mampu menulis informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca tentang penemuan dan manfaatnya dengan menggunakan kalimat efektif dengan benar.

Materi Pokok: Menulis informasi penting dari teks eksplanasi menggunakan kalimat efektif

Sebelum belajar silahkan isi daftar hadir di bawah ini:


Sudah kah kamu ?
  • Mandi dan gosok gigi
  • Mengenakan pakaian rapih dan bersih
  • Sarapan & cukup minum
  • Berdoa sebelum belajar
  • Membaca buku favorit
APERSEPSI

    Anak-anak...pada materi sebelumnya kita sudah belajar tentang bagaimana menentukan informasi penting kan? Nah, kadang-kadang kita dituntut untuk bisa menyampaikan kembali informasi penting itu pada orang lain dengan tepat dan benar, misalnya kepada orang tua, saudara, dan teman-teman. Jika tidak tepat caranya, maka informasi penting yang kita sampaikan mungkin tidak dimengerti oleh orang lain. Bahkan mungkin saja informasi yang disampaikan menjadi salah. Tahukah kalian bagaimana cara menyampaikan informasi dengan tepat kepada orang lain? 

    Agar informasi bisa tersampaikan dengan tepat dan benar, sebaiknya kita selalu menggunakan kalimat efektif.

    Apakah kalian tahu arti kalimat efektif? Pada modul ini kita akan membahasnya bersama-sama. 

    Mari kita pelajari materi berikut ini dengan cermat!


MATERI

Kalimat Efektif

    Kalimat efektif adalah kalimat yang mengandung gagasan pembicara/ penulis yang terdiri atas kata-kata yang mempunyai unsur SPOK (Subjek, Predikat, Objek, Keterangan).

    Kalimat yang efektif mengungkapkan gagasan sehingga mudah dipahami. Hemat, tidak menuliskan kata yang bermakna sama.

    Ciri-ciri kalimat efektif, yaitu;

  1. Memiliki unsur penting atau pokok (minimal unsur subjek dan predikat),

          contoh: Para penemu-penemu melakukan penelitian (tidak efektif)

          Para penemu melakukan penelitian (efektif)

          Penemu-penemu melakukan penelitian (efektif)

    2. Menggunakan struktur bahasa yang tepat,

        contoh: Seluruh siswa yang belajar di SDN Indonesia diliburkan. (kalimat efektif)

                Siswa kelas 1 sampai siswa kelas 6 yang belajar di SDN Indonesia diliburkan                 (kalimat tidak efektif)

    3. Memenuhi kaidah ejaan yang berlaku,

        Contoh:   Gimana sih cara membuat kertas? (tidak efektif)

                        Bagaimana cara membuat kertas? (kalimat efektif)

    4. Menggunakan pilihan kata (diksi) yang tepat dan sesuai kebutuhan.

        Contoh:   Pensil adalah merupakan penemuan Nicholas (kalimat tidak efektif)

                        Pensil adalah penemuan Nicholas. (kalimat efektif)

                        Pensil merupakan penemuan Nicholas. (kalimat efektif)


EVALUASI

    Selama masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), Ananda tentu merasa sedih kan? Karena kegiatan belajar yang biasa dilakukan di sekolah harus dilaksanakan dari rumah masing-masing melalui kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) baik secara Dalam Jaringan (Daring) ataupun Luar Jaringan (Luring).

    Untuk Ananda yang memiliki gawai dan kuota internet, hal tersebut tentu tidak akan menjadi masalah Ketika melaksanakan PJJ secara daring, namun, bagi Ananda yang tidak memiliki gawai atau kuota internet terbatas, hal ini tentu akan menjadi masalah. Namun, Ananda tidak perlu khawatir, jika Ananda tidak memiliki gawai dan kuota internet, Ananda tetap bisa melaksanakan PJJ secara luring. Ananda tidak perlu melaksanakan pembelajaran secara daring karena pihak sekolah akan memfasilitasi pembelajaran secara luring.

    Perlengkapan pembelajaran yang perlu Ananda persiapkan dalam pembelajaran luring hanya buku sumber, buku tulis dan alat tulis. Alat tulis yang biasa Ananda gunakan diantaranya pensil, pulpen, dan penghapus. Apakah Ananda tahu, siapa penemu pensil yang sekarang digunakan oleh Ananda?

    Mari kita berlatih membuat kalimat efektif dengan cara membaca teks eksplanasi penemuan pensil !


Penemu Pensil, Si Kecil yang Amat Penting

Sumber gambar: www.penemu.co/penemu-pensil-nicolas-jacques-conte11/14/2016

    Pernahkah terbayang olehmu gimana sih manusia bikin tanda dan tulisan sebelum ditemukannya pensil? Bagaimana proses penemuan pensil hingga menjadi bentuk pensil seperti sekarang dengan proses pembuatan yang lebih moderen? Kita tidak akan menampik pentingnya alat tulis dalam kehidupan kita. Hampir semua orang membutuhkan alat tulis dalam keseharian, seperti untuk menulis maupun menggambar. Khususnya pensil, kita membutuhkannya hampir di setiap kegiatan belajar mengajar.Terutama untuk Ujian Nasional yang sering diadakan tiap tahun, mengharuskan kita untuk memakai pensil 2B. Tapi pernahkah anda penasaran tentang siapa penemu pensil?

    Ia adalah Nicolas Jacques Conte. Pria kelahiran 4 Agustus 1755 ini tinggal di Saint-Cénery, Normandy. Ia memiliki 5 saudara dan berasal dari keturunan petani yang telah mengelola lahan pertanian yang sama selama 2000 tahun lamanya. Penemu Pensil yakni Nicolas Jacques Conte disebut-sebut sebagai ilmuwan terhebat pada era abad ke 18. Ia menemukan pensil modern yang sudah memiliki kelebihan dibanding pensil primitif.

    Jaman dulu, manusia menggambar dan menulis dengan menggoreskan ujung pisau ke batang pohon. Lalu pada masa Romawi Kuno, sebilah logam tipis dipake untuk membuat goresan pada batu dan lembar daun papirus. Perkembangan pensil dimulai sejak ditemukannya grafit pada tahun 1564 di Borrowdale, Inggris. Grafit ditemukan sebagai material yang dapat meninggalkan tanda hitam yang cukup pekat, namun terbukti lunak dan gampang patah. Untuk itu, grafit membutuhkan tangkai pemegang. Pada mulanya, grafit hanya dibungkus oleh tali yang terbuat dari kulit domba. Terus, ditemukan cara untuk memasukkan grafit di antara dua bilah kayu yang dilubangi. Ketika itulah mulai dikenal alat tulis yang kini dinamakan pensil.

    Pensil mulai dibikin secara massal pada tahun 1662 di Nuremberg, Jerman. Selanjutnya, mulai abad 19, Faber Castell, Lyra, Staedler, dan perusahaan-perusahaan lain ngembangkan pensil buat alat tulis secara pesat. Pada jaman modern, pensil dibuat dengan hancurkan grafit murni sama tanah liat hingga berbentuk bubuk. Kemudian campuran ini dicetak menjadi bentuk tipis panjang dan dilapis dengan kayu. Jadilah pensil dengan bentuk yang kita kenal saat ini.

    Pensil menjadi benda yang penting banget hingga saat ini. Kalo gak ada pensil, kita bakal kesulitan waktu lagi belajar. Kita juga gak bisa bikin karya tulis, seperti cerita pendek, puisi, dan tulisan lainnya.

Sumber: Buku Siswa Tematik Kelas 6 Tema 3 Tokoh dan Penemuan


Temukanlah kalimat efektif dan tidak efektif pada bacaan “Penemu Pensil, Si Kecil yang Amat Penting” kemudian tuliskan di buku catatanmu kalimat tersebut seperti tabel berikut!

No

Kalimat Efektif

Kalimat Tidak Efektif

1

 

 

2

 

 

3

 

 

4

 

 

5

 

 


MARI BERLATIH

Buatlah kalimat tidak efektif yang kamu temukan menjadi kalimat efektif di buku catatanmu seperti tabel berikut!

No

Kalimat Tidak Efektif

Kalimat Efektif

1

 

 

2

 

 

3

 

 

4

 

 

5

 

 


KESIMPULAN

Kalimat efektif adalah kalimat yang mengandung gagasan pembicara/ penulis yang terdiri atas kata-kata yang mempunyai unsur SPOK.

Kalimat yang efektif mengungkapkan gagasan sehingga mudah dipahami. Hemat, tidak menuliskan kata yang bermakna sama.

Ciri-ciri kalimat efektif, yaitu; Memiliki unsur penting atau pokok (minimal unsur subjek dan predikat), Menggunakan struktur bahasa yang tepat, Memenuhi kaidah ejaan yang berlaku, Menggunakan pilihan kata (diksi) yang tepat dan sesuai kebutuhan.

Related

Kegiatan 3881081962092628400

Post a Comment

emo-but-icon

item