Tema 3 Subtema 1 Kegiatan 2 Kelas 6

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ🙏

Selamat Pagi dan Semangat pagi...

Semoga Ananda senantiasa ada dalam Rahmat dan lindungan Allah SWT. 🤲

pada hari ini Kamis, 16 September 2021 Ananda akan belajar:

  1. Bahasa Indonesia mengenai Informasi pada teks 
  2. Seni Budaya dan Prakarya mengenai Interval nada
  3. Aktivitas literasi membaca buku cerita yang disukai

Bahasa Indonesia

Materi Pokok: Informasi Penting dari Teks Eksplanasi

Tujuan Pembelajaran:

  1. Melalui kegiatan membaca, siswa mampu mengidentifikasi kalimat efektif dari teks tentang penemuan dan manfaatnya dengan benar. 
  2. Setelah membaca, siswa mampu menulis informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca tentang penemuan dan manfaatnya dengan menggunakan kalimat efektif dengan benar.

Sebelum mulai belajar, sudahkah melakukan ini?

  1. Mandi sampai bersih
  2. Memakai pakaian yang rapi
  3. Sarapan
  4. Berdoa sebelum belajar
  5. Menyanyikan lagu “Tanah Airku"

Silahkan isi daftar hadir pada tautan di bawah ini:

APERSEPSI

    Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) telah menjadi wabah di dunia sejak tahun 2019. Semua siswa, khususnya di Kota Bandung sejak pertengahan Bulan Maret 2020 yang biasa belajar di sekolah, terpaksa harus melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dari rumah masing-masing untuk mencegah penyebaran penyakit yang disebabkan oleh virus corona ini.

    Selama masa PJJ banyak kegiatan pembelajaran yang berubah. Begitu pula dengan pembiasaan yang selalu dilakukan. Ananda lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah. Agar waktu di rumahnya tidak terbuang percuma, alangkah baiknya jika dipergunakan dengan cara banyak membaca. Melalui kegiatan membaca, ananda akan bertambah ilmunya dan bertambah pula pengetahuannya. Pada Tema ini, kita akan mempelajari beberapa informasi penting dari beberapa penemuan benda-benda yang biasa kita temukan sehari-hari.

Apa itu informasi penting?

    Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Informasi adalah penerangan, pemberitahuan, kabar, atau berita mengenai sesuatu. Informasi penting berarti penerangan, pemberitahuan, kabar, atau berita mengenai sesuatu hal yang penting yang terdapat pada bacaan.

Bagaimana cara kita mendapatkan informasi penting?

Salah satu caranya bisa dengan menggunakan istilah 5W + 1H. Apa itu 5W +1H ? Berikut Penjelasannya !



MATERI

Mengidentifikasi Informasi Penting dari Teks Eksplanasi 

Teks eksplanasi merupakan teks yang berisi informasi tentang suatu hal atau fenomena yang terjadi di masyarakat. Misalnya tentang budaya, gejala alam, dan proses terjadinya sesuatu. Seperti teks pada umumnya, kita dapat menemukan topik permasalahan dan simpulan dari teks eksplanasi. 

Topik permasalahan dapat ditemukan pada kalimat utama dalam setiap paragraf. Selain itu, kita juga dapat membuat simpulan dari sebuah teks eksplanasi. Kita dapat menuliskan simpulan dari sebuah teks eksplanasi dengan membaca keseluruhan isi teks,

Bacalah Teks Eksplanasi Berikut dengan saksama!

Thomas Alva Edison,
Sang Penemu Bola Lampu Pijar



(sumber gambar: https://www.penemu.co/penemu-lampu)

    Pernahkah terbayang olehmu hidup tanpa penerangan? Setelah Matahari terbenam, tentu akan sulit melakukan kegiatan di luar rumah karena lingkungan yang gelap gulita. Kegiatan di dalam rumah mungkin juga terbatas. Kita patut mensyukuri salah satu penemuan besar yang mengubah dunia. Penemuan bola lampu pijar oleh Thomas Alva Edison.

    Thomas Alva Edison lahir di Milan, Ohio, Amerika Serikat pada tanggal 11 Februari 1847. Ia tidak pernah menyelesaikan pendidikan resmi di sekolah. Ia hanya sempat bersekolah selama tiga bulan. Edison diajar oleh ibunya di rumah. Walaupun tidak mengikuti pendidikan formal, terlihat bahwa Edison memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Di usia 11 tahun, Edison sudah dapat membuat telegraf sederhana. Di usia 12 tahun, ia memanfaatkan waktu luangnya untuk membaca literatur dan melakukan berbagai percobaan. Pada tahun 1861 ia dapat mencetak koran. Koran terbitannya “Weekly Herald” laris terjual. 

    Ia melihat dunia butuh penerangan. Ia menghabiskan waktu selama dua tahun serta dana yang cukup besar untuk mengembangkan penemuan. Melalui kerja kerasnya, pada tanggal 21 Oktober 1879 lahir lampu pijar listrik pertama yang dapat menyala selama 40 jam.

    Kegigihan Thomas Alva Edison memberikan hal baru bagi dunia. Rasa ingin tahunya yang tinggi dan sikap pantang menyerahnya mampu mengubah dunia menjadi lebih baik.

Sumber: Buku Siswa Tematik Kelas 6 Tema 3 Tokoh dan Penemuan

EVALUASI

Setelah membaca, sekarang mari kita identifikasi informasi pada teks eksplanasi tersebut!
Tulislah informasinya pada grafik berikut!

Paragraf 1: Topik Masalah
Apa yang dibahas pada teks di atas?
…………………………………………………………………………
Paragraf 2: Deret Penjelas
Siapakah Thomas Alva Edison?
…………………………………………………………………………
Paragraf 3: Deret Penjelas
Bagaimana Thomas Alva Edison menemukan bola lampu pijar?
…………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………
Paragraf 4: Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Apa yang dapat kamu simpulkan tentang sikap Thomas Alva Edison?
…………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………

MARI BERLATIH

Setelah memahami materi tersebut, mari kita berlatih menemukan informasi penting dari teks eksplanasi ilmiah lainnya, ya !

Silahkan anak-anak baca teks eksplanasi berikut!

Penemu Kertas



    Di China kuno, orang-orang kuno menulis menggunakan potongan bambu panjang. Kemudian mengikat potongan-potongan tersebut untuk membuat buku. Sayangnya, proses ini sangat panjang. Bahkan membuat buku-buku berat yang sulit dibawa. Untuk memecahkan masalah tersebut, seorang pria bernama Cai Lun atau Ts'ai Lun menemukan solusi pada 105 Masehi.

    Dikutip dari Encyclopaedia Britannica, Cai Lun adalah seorang pejabat pengadilan Tiongkok yang sering menggunakan bambu untuk menulis dan membaca. Cai Lun memahami betapa tidak nyamannya menggunakan potongan-potongan bambu. Maka ia mulai mencari cara yang lebih baik. Cai Lun punya ide mencampur kulit pohon, rami, jaring ikan dan kain. Hasilnya adalah bahan yang lebih ringan yang mudah ditulisi. Cai Lun telah menemukan kertas. Ia membawa penemuannya ke Kaisar China masa itu. Cai Lun dan Zuo Bo, muridnya, kemudian melipatgandakan proses pembuatan kertas. Segera, penggunaan kertas menyebar ke seluruh China.

    Akhirnya, kertas juga menyebar ke Asia Tengah dan Timur Tengah pada abad ke-7. Kemudian, kertas berhasil sampai ke Eropa. Meski tidak diketahui secara pasti bagaimana penyebaran kertas ke daratan Eropa. Pedagang Timur Tengah mungkin membawanya ke Eropa. Teori lain mengungkapkan, Marco Polo membawa kertas dari China. Perkembangan kertas Kertas telah banyak berubah sejak 105 Masehi. Saat ini, kertas hampir seluruhnya terbuat dari pohon. Kertas muncul dalam berbagai bentuk dan warna serta untuk berbagai tujuan berbeda.

    Bisakah kamu membayangkan dunia tanpa kertas? Tanpa kertas, akan lebih sedikit buku dan hampir pasti tidak ada surat kabar. Anak-anak tidak akan bisa menggambar dan mewarnai. Kertas adalah salah satu teknologi yang tentu meningkatkan kualitas hidup manusia dalam berbagai bidang kehidupan.

sumber: https://www.kompas.com/skola/read/2020/02/16/171616169/siapa-penemu-kertas?page=all#page2.

Setelah membaca, sekarang mari kita identifikasi informasi pada teks eksplanasi tersebut!
Tulislah informasinya pada grafik berikut!
Paragraf 1: Topik Masalah
Apa yang dibahas pada teks di atas?
…………………………………………………………………………
Paragraf 2: Deret Penjelas
Siapakah Cai Lun?
…………………………………………………………………………
Paragraf 3: Deret Penjelas
Bagaimana Cai Lun menemukan kertas?
…………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………
Paragraf 4: Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Apa yang dapat kamu simpulkan dari penemuan kertas?
…………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………

KESIMPULAN

  • Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Informasi adalah penerangan, pemberitahuan, kabar, atau berita mengenai sesuatu. Informasi penting berarti penerangan, pemberitahuan, kabar, atau berita mengenai sesuatu hal yang penting yang terdapat pada bacaan.
  • Teks eksplanasi ilmiah adalah teks eksplanasi yang menerangkan suatu proses yang bersifat ilmu pengetahuan alam, seperti gejala alam, terjadinya pelangi, proses arus listrik, dan sebagainya. Teks eksplanasi berfungsi untuk memberikan penjelasan kepada pembaca tentang proses terjadinya sesuatu, yang disusun menurut prinsip sebabakibat.
  • Teks eksplanasi terdiri atas: pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelas (isi), dan penutup (kesimpulan).
  • Bagian pernyataan umum berisi informasi singkat tentang apa yang akan dibicarakan/diinformasikan.
  • Bagian deretan penjelas berisi urutan uraian atau penjelasan tentang proses dari peristiwa yang terjadi dan dijelaskan secara bertahap/berurutan.
  • Bagian penutup adalah kesimpulan yang berisi interpretasi/pendapat singkat penulis tentang topik yang dijelaskan.

Related

Kegiatan 4308978735175616414

Post a Comment

emo-but-icon

item