Kegiatan Pembelajaran Literasi dan Numerasi Kelas 6 Tema 5 Subtema 1

Kegiatan Pembelajaran

Literasi dan Numerasi

untuk Siswa Sekolah Dasar

Subtema: Jenis-Jenis Alat Transportasi

Topik: Transportasi darat, laut, udara (bagaimana mekanisme gerak dan perbandingannya di tiap moda)


Kegiatan Literasi


Pesan Pagi

Pesan Pagi: 10 Menit

Selamat pagi, siswa kela 6! Kamu tampak bersemangat hari ini.

Siapkan buku kerja dan alat tulismu ya
Jangan lupa berdo'a sebelum memulai kegiatan belajar.

Jawablah pertanyaan berikut di buku kerja atau buku tulismu!

  1. Benda apa yang bisa bergerak di dalam rumah atau di sekitar rumahmu?
  2. Mengapa benda itu bisa bergerak? 
  3. Apakah benda itu alat transportasi milik keluargamu?


25 Menit

Sebelum membaca, amatilah gambar di bawah ini dengan teliti! Kamu diminta untuk memberikan pendapatmu tentang gambar tersebut


Tuliskan pendapatmu di buku kerja atau buku tulismu! 
  1. Pernahkah kamu melihat alat transportasi seperti pada gambar? 
  2. Apa nama alat transportasi itu di daerah tempat tinggalmu? : 
  3. Menurutmu, untdk apa alat transportasi itu dibuat? : 
  4. Mengapa alat transportasi itu bisa bergerak?
Kegiatan Literasi

Sekarang bacalah teks berikut dengan cermat

Selalu Ada Ide Baru 

    Kita sekarang hidup di era modern dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan, termasuk dalam bidang transportasi. Alat transportasi sekarang tentu berbeda jauh dengan alat transportasi pada masa dulu. Zaman dulu, orang bepergian hanya dengan berjalan kaki, lalu berkembang dengan bantuan hewan, kemudian naik kendaraan yang menggunakan motor sebagai penggeraknya. Perubahan alat transportasi ini karena adanya perubahan sosial dan budaya di dalam masyarakat. Ide manusia selalu berkembang untuk kemajuan kehidupan manusia itu sendiri.

    Perubahan dalam bidang transportasi sebagai sarana pengangkut atau bepergian dari satu tempat ke tempat lain memiliki dampak positif dan negatif. Alat transportasi modern menghemat waktu tempuh, tenaga, ongkos, dan memberikan kenyamanan dalam bepergian. Naik motor tentu lebih cepat sampai ke tempat tujuan dibandingkan dengan naik sepeda, bukan? Sayangnya, kendaraan bermotor menimbulkan polusi karena menghasilkan asap yang mengandung gas berbahaya, juga mengurangi cadangan minyak bumi sebagai bahan bakarnya.

    Alat transportasi diciptakan manusia untuk memudahkan mereka berpindah atau mengangkut barang dari satu tempat ke tempat lainnyo. Pada prinsipnya, alat transportasi dikembangkan dengan menerapkan gaya dalam cara kerjanya. Gaya meliputi tarikan dan dorongan. Kedua aksi inilah, yaitu menarik dan mendorong, yang menyebabkan alat transportasi bergerak dan berpindah tempat. Dulu, yang disebut sebagai kereta adalah gerobak bertutup yang ditarik kuda atau lembu. Orang-orang biasa menyebutnya delman, dokar, atau pedati. Pada masa sekarang, kereta adalah gerobak besar yang terbuat dari besi yang ditarik atau didorong oleh mesin, namanya kereta api. Mesin ini bisa bekerja jika diberikan bahan bakar hasil olahan minyak bumi ataupun listrik. Nah, mesin ini jugalah yang membuat alat transportasi modern lebih menghemat waktu dibandingkan alat transportasi tradisional.


Hari ke-1

Kelas 6 Minggu Ke-1



    Ada juga alat transportasi yang dikembangkan dari ide manusia terhadap gaya magnet, yaitu kereta api maglev. Kereta api ini mengambang di atas rel, seolah tidak dipengaruhi oleh gaya gravitasi bumi. Kereta maglev tidak menyentuh rel untuk mengurangi gaya gesekan. Karena itulah, kereta yang menggunakan magnet sebagai pendorongnya ini MmaMpu melaju dengan kecepatan 600 km/jam. Jauh lebih cepat daripada kereta api biasa dan sangat menghemat waktu. Hanya saja biaya pembuatannya sangatldh mahal. Kereta maglev bisa ditemukan di negara Jepang.



    Ide manusia selalu akan berkembang dan mengalami perubahan. Ide-ide baru akan muncul untuk menciptakan alat transportasi yang lebih modern. Entah itu alat transportasi darat, laut, ataupun udara. Semua diciptakan untuk mempermudah aktivitas manusia sesuai dengan kebutuhan dan perubahan sosial budayanya.



Setelah membaca teks tersebut, ujilah kemampuanmu dengan menjawab pertanyaan berikut. 

Tuliskan jawabannya di buku kerja atau buku tulismu! 

  1. Apa ide pokok paragraf pertama,teks? 
  2. Jelaskan perubahan perilaku pada masyarakat dalam penggunaan alat transportasi! 
  3. Paragraf manakah yang menjelaskan pemanfaatan gaya magnet dalam bidang transportasi? 
  4. Tuliskan kalimat dalam teks yang menunjukkan —' dampak negatif alat transportasi modern! 
  5. Tuliskan simpulan teks bacaan di atas dengan kata-katamu sendiri!
Kegiatan 2 🕗35 Menit

🖋 Ayo Menulis

🕘 35 Menit

    Di dalam teks bacaan disebutkan bahwa gaya adalah tarikan atau dorongan yang dapat menyebabkan benda bergerak Otau berpindah tempat, bahkan berubah bentuknya. Jenis gaya ada banyak macamnya, di antaranya gaya gravitasi. Gaya gravitasi menarik semua benda yang ada di permukaannya. Gravitasi bumi membuat benda-benda di atas permukaan bumi selalu menempel pada tanah. Jika tidak ada gaya gravitasi maka setiap benda atau manusia termasuk kamu, akan melayang-layang seperti di luar angkasa.


Hari Ke-1
Minggu Ke-1

sumber foto:https://pixabay.com/id/vectors/galileo-potret-garis-seni-astronom-4076788/

Tahukah kamu? 

Teori tentang gravitasi dimulai dari percobaan Galileo Galilei, seorang ilmuwan yang hidup pada sekitar abad ke-16. Dia menjatuhkan bola dari Menara Pisa untuk melihat bagaimana benda itu jatuh. Menurut Galileo, kecepatan jatuh benda dipengaruhi oleh hambatan udara pada benda yang ringan dan lebih luas permukaannya.


Ayo, saatnya kamu menjadi ilmuwan cilik. Kamu akan melakukan percobaan seperti Galileo Galilei.



Pertama, siapkan dua lembar kertas.
Kedua, remaslah salah satu kertas itu menjadi gumpalan seperti bolg, Ketiga, naiklah ke tempat yang agak tinggi, misalnya di kursi atau tangga, : dan berdirilah di sana. Jangan lupa membawa kedua kertasmu tadi.
Keempat, angkatlah tanganmu sama tinggi. Pada waktu yang sama, jatuhkan kedua kertas itu dari tempatmu berdiri.


Untuk lebih lengkap dan jelasnya silahkan buku modul berikut:


Selamat Belajar tetap semangat dan jaga kesehatan

Post a Comment

emo-but-icon

item