IPA Kelas 6 Perkembangbiakan Makhluk Hidup

 Perkembangbiakan Makhluk Hidup



Pernahkah kalian memerhatikan induk kambing yang sedang bunting? Perut kambing yang sedang bunting terlihat buncit. Setelah melahirkan, perut kambing menjadi kempis. Kambing dapat melahirkan seekor atau beberapa ekor anak. Tahukah kalian untuk apa kambing melahirkan? Pelajari bab ini untuk menemukan jawabannya.




Manusia mengalami perubahan. Sewaktu masih bayi, tubuh kalian sangat mungil. Namun, sekarang kalian telah tumbuh besar dan lincah. Kalian dapat berlari dan berjalan. Kalian juga dapat berbicara dengan lancar. Perubahan tubuh terjadi karena kalian mengalami pertumbuhan. Nah, pada bab ini, kita akan mempelajari pertumbuhan dan perkembangan manusia. Kita juga akan mempelajari perkembangbiakan pada manusia, hewan, dan tumbuhan. Simaklah baik-baik penjelasan berikut.

Kata Kunci:
  • Perkembangbiakan
  • Generatif
  • Vegetatif 
  • Vivipar
  • Ovipar
  • Ovovivipar
  • Alami
  • Buatan
    Manusia tumbuh dan berkembang. Apakah perbedaan antara tumbuh dan berkembang? Tumbuh adalah proses pertambahan ukuran dan jumlah sel. Sel yang bertambah besar tidak dapat mengecil lagi. Sebagai contohnya, anakyang tumbuh menjadi remaja, sel-selnya mengalami pertumbuhan. Sehingga, seorang remaja tidak mungkin menjadi bayi lagi. Lain halnya dengan berkembang. Berkembang adalah proses perubahan organ tubuh dan fungsinya menuju kedewasaan. Manusia tumbuh dan berkembang dari masa balita, remaja, hingga lanjut usia.

Kuis: Bagaimanakah pertumbuhan dan perkembangan manusia dari bayi sampai lanjuta usia?

Gambar 2.1 Pertumbuhan dan perkembangan manusia dari bayi hingga lanjut usia.

Pertumbuhan dan perkembangan manusia berlangsung secara bertahap. Bagaimanakah proses yang terjadi pada masing-masing tahap? Untuk mengetahuinya, simaklah uraian berikut. 1. Masa Balita Masa balita adalah masa anak di bawah usia lima tahun. Pada masa ini, anak tumbuh dan berkembang sangat pesat. Perhatikan gambar berikut.






Gambar 2.2 Pertumbuhan dan perkembangan pada masa balita.

    Saat baru lahir, kalian belum bisa melakukan apa-apa. Waktu usia sebulan, indra penglihat dan pendengar mulai berfungsi. Kalian sudah bisa melihat sinar dan mendengar suara. Pada usia 5–6 bulan, kalian mulai tengkurap dengan kepala tegak. Kalian mulai merangkak dan berdiri saat berusia 9–12 bulan. Ketika mencapai usia delapan belas bulan, kalian mampu berjalan sendiri. Pada usia 2–3 tahun, kalian mulai berbicara dalam kalimat yang sederhana. Memasuki usia tiga tahun, kalian mulai bisa mengungkapkan pikiran. Pengungkapan ini dapat berupa gerakan terhadap suatu benda. Masa pengungkapan ini merupakan masa bermain.


2. Masa Remaja


Masa remaja dikenal sebagai masa puber. Masa puber pada perempuan datang lebih cepat dibandingkan laki-laki. Masa puber pada perempuan terjadi pada usia 9-13 tahun. Pada laki-laki, masa puber terjadi pada usia 10-14 tahun. Pada masa puber terjadi perubahan fisik yang sangat kelihatan. Hormon-hormon seksual mulai berfungsi. Antara laki-laki danperempuan mulai terjadi ketertarikan.

Perubahan fisik pada perempuan berbeda dengan laki-laki. Perubahan fisik pada perempuan ditandai dengan:

  1. Pinggul dan payudara membesar,
  2. Tumbuh rambut pada bagian-bagian tubuh tertentu,
  3. Meningkatnya emosi, dan
  4. Terjadi menstruasi.

Adapun perubahan fisik pada laki-laki ditandai dengan:
  1. Dada terlihat bidang,
  2. Suara menjadi besar,
  3. Tumbuhnya rambut pada bagian-bagian tubuh tertentu, dan 
  4. Mengalami mimpi basah.
Kuis:
Apa saja tanda-tanda perubahan fisik pada laki-laki dan perempuan di masa puber

No

Bagian Tubuh

Perubahan yang Terjadi

Laki-laki

Perempuan

1

Wajah

 

 

2

Leher

 

 

3

Dada

 

 

4

Ketiak

 

 

5

Tangan

 

 

6

Pinggul

 

 

7

Organ Reproduksi

 

 

8

Kaki

 

 


3. Setelah melengkapi tabel, lanjutkan diskusi mengenai beberapa hal berikut, lalu buatlah kesimpulan.
Diskusikan bersama keluargamu.



3. Masa Dewasa

Masa dewasa satu tingkat lebih tinggi dari masa remaja. Masa ini terjadi pada usia sekitar 20 tahun. Pada masa ini tidak terjadi pertumbuhan fisik. Tetapi, pertumbuhan dan perkembangan secara mosional masih terjadi. Pada masa dewasa, orang akan berpikir untuk bekerja dan menikah.

Post a Comment

emo-but-icon

item