Tema 2 Subtema 1 Kegiatan 2 Kelas 6 Tahun Pelajaran 2021/2022

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Selamat Pagi dan Semangat pagi...

Semoga Ananda senantiasa ada dalam Rahmat dan lindungan Allah SWT. 

pada hari ini Jum'at, 20 Agustus 2021 kita akan belajar Tema 1 Subtema 2 Kegiatan 1

Kompetensi Dasar :

B.Indonesia : 3.4. Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana. 

Sebelum mulai belajar, sudahkah melakukan ini?

  • Mandi sampai bersih
  • Memakai pakaian yang rapi
  • Sarapan
  • Berdoa sebelum belajar
  • Menyanyikan lagu “Tanah Airku"
Silahkan isi daftar hadir pada tautan di bawah ini:


Hai, teman-teman! Hari ini kita akan belajar mengenai menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.

PENGERTIAN
  1.  Kata tanya adalah kata yang dipakai dalam kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu, baik itu orang/benda, perbuatan/tindakan, keadaan/situasi, dan lain sebagainya.
  2. Kalimat tanya adalah kalimat yang didalamnya terkandung sebuah pertanyaan kepada pihak lain, yang diajukan untuk memperoleh jawaban dari pihak yang ditanya.

CIRI KALIMAT TANYA

  1. Kata tanya selalu diikuti dengan tanda tanya pada akhir kalimat
  2. Kata tanya biasanya terletak di awal sebuah kalimat tanya
  3. Kata tanya seringkali diikuti atau ditambahkan dengan imbuhan sufiks –kah. Seperti : apakah, siapakah, dimanakah, kapankah dan lain sebagainya.

FUNGSI KATA TANYA

1. Kata tanya “Apa”
Berfungsi : untuk menanyakan benda atau sesuatu, keadaan atau perbuatan, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan isi atau pokok bahasan.

Jawaban dari pertanyaan yang menggunakan kata tanya “apa” adalah benda atau sesuatu, pengertian maupun penjelasan tentang hal yang ditanyakan

2. Kata tanya “Siapa”
Berfungsi : untuk menanyakan orang atau pihak yang terlibat.

Jawaban dari pertanyaan yang menggunakan kata tanya “siapa” adalah orang atau pelaku serta pihak yang terlibat sesuatu hal yang ditanyakan.

3. Kata tanya “Kapan”
Berfungsi : untuk menanyakan waktu terjadinya sebuah/suatu peristiwa atau kejadian.

Jawaban dari pertanyaan yang menggunakan kata tanya “kapan” adalah waktu kejadian terjadinya sebuah peristiwa atau kejadian yang dapat berupa jam, hari, tanggal, bulan atau tahun.

4. Kata tanya “Dimana, Kemana, Darimana”
Berfungsi : untuk menanyakan tempat berlangsungnya suatu peristiwa, lokasi yang akan dituju, tempat yang sedang ditgunakan atau yang telah didatangi.

Jawaban dari pertanyaan yang menggunakan kata tanya “(di, ke, dari) mana” adalah tempat berlangsungnya suatu peristiwa/kejadian, lokasi yang akan dituju, tempat yang sedang dipakai atau yang telah didatangi

5. Kata tanya “Mengapa”
Berfungsi : untuk menanyakan sebab atau alasan suatu peristiwa terjadi.

Jawaban dari pertanyaan yang menggunakan kata tanya “mengapa” adalah penjelasan tentang sebab atau alasan sebuah peristiwa yang terjadi, dan ditandai dengan pemakaian konjungsi atau kata hubung ‘karena’ atau ‘sebab’

6. Kata tanya “Bagaimana”
Berfungsi : untuk menanyakan keadaan atau kejelasan tentang sesuatu hal, cara atau proses pengerjaan sesuatu.

Jawaban dari pertanyaan yang menggunakan kata tanya “bagaimana” adalah penjelasan tentang keadaan, cara atau proses terhadap sesuatu hal yang ditanyakan.

7. Kata tanya “Berapa”
Berfungsi : untuk menanyakan banyak, jumlah atau satuan.

Jawaban dari pertanyaan yang menggunakan kata tanya “berapa” adalah banyak, jumlah atau satuan tentang sesuatu hal yang ditanyakan


LATIHAN

    Kejadian yang terjadi pada 26 Desember 2004 yang sangat memilukan gempa bumi dan Tsunami Aceh. Kurang lebih 500.000 orang kehilangan nyawa dalam waktu singkat diseluruh tepi dunia yang berbatasan dengan Samudra Hindia. Gempa yang terjadi pada waktu itu merupakan gempa yang paling hebat dalam kurun waktu 40 tahun terakhir. Gempa tersebut tidak hanya di Aceh tetapi sampai di Malaysia, Thailand, Sri Langka, bahkan sampai ke Pantai Timur Afrika. Gempa bumi pada waktu itu merupakan gempa bumi yang tercatat paling lama yaitu sekitar 10 menit. Beberapa ahli mengungkapkan bahwa gempa bumi ini sanggup untuk menggetarkan bumi dengan amplitude getaran diatas 1 cm. Gempa yang berpusat ditengah samudra Indonesia ini juga memicu gempa bumi diberbagai tempat didunia. Akibat dari bencana tersebut 8 negara mendapatkan akibatnya dan 230.000 kehilangan nyawanya. Namun jumlah korban di Asia Tenggara, Asia selatan ,dan Afrika Timur yang sesungguhnya tidak bisa diketahui dengan tepat jumlahnya. Diperkirakan sedikitnya 150.000 orang, PBB memperkirakan sebagian besar dari korban tambahan berada di Indonesia. Di Indonesia gempa dan tsunami menelan kurang lebih dari 126.000 korban jiwa. Gedung rumah rumah warga pun diratakan oleh tanah karena bencana Tsunami.Bencana ini adalah salah satu peristiwa yang paling banyak memakan korban jiwa yang terjadi disejarah Indonesia. Semoga saja tidak terjadi lagi di negara yang kita sayangi ini

BUATLAH KALIMAT PERTANYAAN YANG SESUAI DENGAN
BACAAN TEKS TERSEBUT!


KATA TANYA

KALIMAT PERTANYAAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Related

Teknologi 6389545156483313566

Post a Comment

emo-but-icon

item