BdR Tema 3 Subtema 3 Kegiatan 4

 Ilmu Pengetahuan Sosial

Tujuan Pembelajaran:

  1. Dengan membaca teks eksplanasi, siswa mampu mengidentifikasi perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat atas ditemukannya listrik dengan tepat.
  2. Dengan membaca teks eksplanasi, siswa mampu melaporkan perubahan sosial budaya masyarakat dengan ditemukannya listrik dalam bentuk peta pikiran dengan sistematis.

Materi Pokok: Perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat.

Sebelum belajar sislahkan isi daftar hadir di bawah ini:


Sudah kah kamu ?
  • Mandi dan gosok gigi
  • M engenakan pakaian rapih dan bersih
  • Sarapan & cukup minum
  • Berdoa sebelum belajar
  • Membersihkan sampah di halaman rumah
APERSEPSI
Hi... selamat bertemu kembali. Semoga kalian semua dalam keadaan sehat selalu ya. Habibie dengan pe nemuannya telah memberikan manfaat yang cukup besar terhadap dunia transportasi, khususnya pada transportasi udara. Bagaimana pengaruh alat transportasi terhadap kehidupan ekonomi masyarakat Indonesia?

MATERI
Amati proses distribusi dalam kegiatan ekonomi berikut ini!:


Kegiatan distribusi merupakan penyaluran hasil produksi berupa barang dan jasa dari produsen ke konsumen untuk memenuhi kebutuhan manusia.

MARI BERLATIH

1. Berdasarkan gambar proses distribusi yang sudah kalian amati, cobalah membuat paragraf singkat yang berisi penjelasan tentang gambar tersebut !
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2. Berdasarkan paragraf yang kalian buat, adakah pengaruh alat transportasi modern terhadap penyebaran barang-barang hasil produksi pertanian, perikanan, dan industri ?
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
3. Tuliskan dalam tabel berikut, pengaruh adanya alat transprtasi modern dan juga pengaruh tidak adanya alat transportasi modern bagi kehidupan masyarakat !



Ada alat transportasi

Tidak ada alat transportasi

Kehidupan Masyarakat:

Kehidupan Masyarakat:

1.

1.

2.

2.

3.

3.

4.

4.

5.

5.


EVALUASI

Ayo evaluasi !
Pilihlah jawaban yang paling tepat ya !

Ayo kita bersama sama membuat
kesimpulan dari kegiatan belajar
hari ini.
KESIMPULAN
  1. Penemuan di bidang alat transportasi sangat banyak manfaatnya.
  2. Penemuan alat transportasi yang semakin canggih dapat mengubah kehidupan sosial budaya masyarakat.




Bahasa dan Sastra Sunda

Alokasi waktu 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran: 
  • Peserta didik dapat memahami perbedaan antara Kecap Kantetan dengan Kantetan Kecap dalam kehidupan sehari-hari. 
  • Peserta didik dapat membuat tabel Kecap Kantetan dan Kantetan Kecap dalam kehidupan sehari-hari.
Materi Pokok:
Kecap Kantetan dan Kantetan Kecap

APERSEPSI
Titenan contoh kalimah di handap!

Kalimah di handap kaasup Kecap Kantetan atawa Kant é tan K ecap?
  1. Panonpo é meletek ti beulah w é tan.
  2. Di buruan imahna loba tangkal kuping gajah

Kalimah di handap kaasup Kecap Kantetan atawa Kant é tan Kecap?
1. Urang teh kudu nurut ka indung bapa
2. Nénéng make tas kulit ka sakola.

MATERI

Kecap Kantétan jeung Kantétan Kecap
1. Kecap Kantétan
    Kecap kantétan nyaeta kecap anu di wangun ku dua kecap atawa leuwih anu dikantétkeun sarta ngandung hiji harti mandiri anu béda jeung unsur-unsur pangwangunna.
    Gundukan kecap saperti panonpoe jeung kuping gajah disebutna kecap kantétan. Disebut kecap kantétan, lantaran aya dua kecap anu babarengan ngawangun kecap anyar sarta mibanda harti anu béda jeung harti kecap asalna.
    Salah sahiji cirina, kecap kantétan mah heunteu bisa disélapan ku kecap sejen. Upama diselapan, tangtu bakal ngarobah hartina. Upamana kecap panonpoé, teu bisa disélapan jadi panon anu poé atawa panon paranti poé. Kitu deui jeung kecap kuping gajah, teu bisa disélapan jadi kuping anu gajah, kuping tina gajah, atawa kuping paranti gajah.

2. Kantétan Kecap
    Kecap kantétan nyaeta kecap anu di wangun ku dua kecap atawa leuwih anu dikantétkeun ngandung dua harti anu béda jeung unsur-unsur pangwangunna.
    Kecap indung bapa jeung tas kulit kaasup kantétan kecap. Bédana jeung kecap kantétan, ari kantétan kecap mah hartina masih bisa dititenan tina unsur-unsur pawangunna. Kecap indung bapa bisa dihartikeun indung jeung bapa, sarta kecap tas kulit bisa dihartikeun tas tina kulit.

EVALUASI

Pek lengkepan kecap kantetan dina kalimah di handap ku kecap-kecap anu merenah anu aya dihandapeun kalimah!

1. Tangkal kumis . . . sok dipake ubar.
    (ucing, cokrom, bodas)

2. Kembang kaca . . . mah barodas jeung seungit.
    (mata, piring, nako)

3. Dahar sangu . . . oge keur lapar mah ngeunah we.
    (peuting, poe, isuk)

4. Di balong téh geus tara aya lauk beureum . . . ayeuna mah.
    (panon, sisit, buntut)

5. Loba kajadian . . . pati anu diberitakeun dina télévisi.
    (prabu, raja, ratu)


MARI BERLATIH


Pek anggeuskeun kantétan kecap dina kalimah kalimah di handap!
  1. Euis di béré jam . . . ku bibina. jam tangan
  2. Neneng keur ngelapan korsi di . . . tamu. ruang tamu
  3. Nanang ngerjakeun tugas dina . . . tulis. buku tulis
  4. .. . . balap mah diboséhna leuwih hampang. sapéda balap
  5. Ujang geus maké . . pangsi rek latihan penca. baju pangsi
  6. Kosréngkeun heula peso teh kana . . . asahan! batu asahan
  7. Di Pangaléngan mah loba anu ngingu . . . perah. sapi perah
  8. Euis meuli . . . hayam keur nyieun bolu. endog hayam
  9. Ari nga goréng mah kudu mak é . . . kalapa atuh ! minyak kalapa
  10. Ayeuna mah masak teh geus loba nu maké . . . gas. kompor gas

KESIMPULAN

Kecap kantétan nyaéta kecap anu di wangun ku dua kecap atawa leuwih anu dikantétkeun sarta ngandung hiji harti mandiri anu béda jeung unsur-unsur pangwangunna.

Kecap kantétan nyaéta kecap anu di wangun ku dua kecap atawa leuwih anu dikantétkeun ngandung dua harti anu béda jeung unsur-unsur pangwangunna.


Pendidikan Lingkungan Hidup

Tujuan Pembelajaran:
  • Peserta didik dapat menyebutkan dampak akibat kekurangan air tanah.
Materi Pokok: 
  • Ketersediaan Air Tanah
APERSEPSI

Amati gambar berikut!

Ceritakan dengan singkat, penyebab peristiwa di atas!

MATERI

Seiring dengan perkembangan teknologi, manusia dituntut untuk mengembangkan teknologi yang ada ataupun menciptakan teknologi yang baru. Akan tetapi perkembangan teknologi tersebut seringkali tidak diimbangi dengan tindakan perlindungan lingkungan. Tanpa mereka sadari, kegiatan perusakan lingkungan yang dilakukan dapat mengganggu siklus keseimbangan alam, termasuk siklus air. Berikut ini merupakan ke gi atan manusia yang merusak lingkungan dan dapat mempengaruhi siklus air.

  • Penebangan hutan

Untuk mencari bahan baku dan juga lahan pekerjaan, manusia seringkali melakukan penebangan hutan secara besar besaran. Pengurangan jumlah pohon yang sangat signifikan dapat mengurangi laju penyerapan karbon dioksida (CO2) yang dilakukan oleh pohon secara d rastis. Pengurangan laju penyerapan ini menyebabkan penumpukan CO2 di atmosfer. CO2 yang menumpuk di atmosfer akan menjebak panas matahari yang dipantulkan bumi sehingga temperatur bumi dan atmosfer akan meningkat (peningkatan temperatur bumi ini yang seri ngkali disebut pemanasan global atau global warming). Pemanasan global dapat mempengaruhi siklus air, khususnya pada proses evaporasi dan kondensasi. Peningkata n suhu atmosfer akan meningkatkan laju evaporasi dan memperlambat proses kondensasi.

  • Kebakaran hutan

    Kebakaran hutan terjadi secara spontan (tidak dibakar langsung oleh manusia). Hal ini terjadi karena suhu udara sekitar yang sudah sangat tinggi. Suhu udar a tersebut meningkat cukup signifikan karena dampak dari pemanasan global, dimana pemanasan global terjadi karena ulah manusia yang tidak peduli akan kondisi lingkungan.

  • Pembangunan

Pembangunan di darat juga dapat mempengaruhi siklus air lokal. Pembangunan yang dilakukan dengan penebangan pohon dan penutupan tanah oleh aspal dan semen tentu saja aka n menghambat proses infiltrasi ketika terjadi presipitasi. Terhambatnya infiltrasi dapat menyebabkan kelangkaan air tanah. Karena terhambatnya infiltrasi, laju run off meningkat sehingga lebih banyak air yang “terbuang” ke perairan.

  • Pembuatan saluran iri gasi

Pembuatan saluran irigasi biasanya dilakukan di sekitar sungai, dimana sumber air mengalir dengan sendirinya. Saluran irigasi dibuat untuk memudahkan proses pengairan sawah/lahan pertanian. Adanya saluran irigasi ini juga dapat mempengaruhi siklus ai r. Adanya saluran irigasi tersebut dapat mengurangi laju runoff dan meningkatkan laju infiltrasi air Ha l ini dikarenakan air tersebut akan ‘dialihkan’ menuju kawasan pertanian yang lokasinya relatif jauh untuk diserap oleh tanaman ataupun lahan yang ada.

  • Penggunaan secara boros atau berlebihan
  • Membuang sampah secara sembarangan
  • Penutupan permukaan tanah den gan aspal
Kebiasaan dalam menghemat air merupakan sikap yang bijaksana, beberapa cara untuk menghemat air antara lain sebagai berikut:
  • Menutup kran denga n rapat setelah selesai menggunakan.
  • Mandi dan mencuci pakaian dengan air secukupnya.
  • Menyiram halaman rumah dengan air bekas cucian.
  • Menyiram tanaman dengan air bekas mencuci sayuran
Akibat dari pemakaian air tanah yang berlebihan:
  • Penurunan muka tanah yang terjadi antara 3 cm 5 cm, bila hal ini dibiarkan maka pada tahun 2045 atau 20 tahun mendatang akan terjadi penurunan 60 cm 100 cm.
  • Mengakibatkan adanya ruang kosong di dalam tanah, sehingga menimbulkan amblesnya permukaan tanah.
  • Adanya kemringan ban gunan. 
  • Adanya 7 (tujuh) jembatan yang turun kontruksinya yaitu jembatan Kamal Muara, Mangga Dua, Ancol, Pluit, Pantai Mutiara, Gunung Sahari dan Mangga Besar. Sebelumnya muka air berada dibawah kolong jembatan, saat ini airnya sudah menyentuh jembatan. 
  • Beberapa rumah mengalami retak dan bangunan rumah menjadi miring di Sunter, sehingga membahayakan penghuninya.
  • Adanya intrusi air laut.
  • Kerugian dari rusaknya infrastruktur bangunan, jembatan dan utilitas nilainya tidak terhingga, yang diakibatkan ulah sebagi an orang yang tidak taat aturan, melanggar Perda

EVALUASI

Kerjakan Soal di bawah ini dengan benar!
  1. Jelaskan manfaat siklus air bagi kehidupan di bumi!
  2. Apa saja kegiatan manusia yang berdampak positif dan yang berdampak negatif terhadap kelestarian air?
  3. Pada eksp erimen pembuatan miniatur siklus air, apa yang terjadi ketika es batu diletakkan di at as plastik wadah berisi air?
  4. Jelaskan proses terjadinya siklus air!
  5. Jelaskan dampak yang terjadi akibat kelangkaan air tanah!

MARI BERLATIH

Jika daerah tempat tinggalmu mengalami dampak akibat kelangkaan air tanah, apa yang akan kamu lakukan? Ceritakan dalam bentuk narasi (minimal 4 paragraf)


KESIMPULAN

Akibat dari pemakaian air tanah yang berlebihan: 
  • Penurunan muka tanah yang terjadi antara 3 cm - 5 cm, bila hal ini dibiarkan maka pada tahun 2045 atau 20 tahun mendatang akan terjadi penurunan 60 cm – 100 cm.
  • Mengakibatkan adanya ruang kosong di dalam tanah, sehingga menimbulkan amblesnya permukaan tanah.
  • Adanya kemiringan bangunan.
  • Adanya 7 (tujuh) jembatan yang turun kontruksinya yaitu jembatan Kamal Muara, Mangga Dua, Ancol, Pluit, Pantai Mutiara, Gunung Sahari dan Mangga Besar. Sebelumnya muka air berada dibawah kolong jembatan, saat ini airnya sudah menyentuh jembatan.
  • Beberapa rumah mengalami retak dan bangunan rumah menjadi miring di Sunter, sehingga membahayakan penghuninya.
  • Adanya intrusi air laut.
  • Kerugian dari rusaknya infrastruktur bangunan, jembatan dan utilitas nilainya tidak terhingga, yang diakibatkan ulah sebagian orang yang tidak taat aturan, melanggar Perda.


Related

Kegiatan 7865236250112105419

Post a Comment

emo-but-icon

item