Kegiatan Belajarku hari ini Tema 3 Subtema 2

 IPS

Tujuan Pembelajaran:

1. Dengan membaca teks eksplanasi, siswa mampu mengidentifikasi perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat atas ditemukannya listrik dengan tepat.

2. Dengan membaca teks eksplanasi, siswa mampu melaporkan perubahan sosial budaya masyarakat dengan ditemukannya listrik dalam bentuk peta pikiran dengan sistematis.

Materi Pokok:

Perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat

Sebelum belajar isilah daftar hadir berikut:


Sudahkah kamu?
  • Mandi dan gosok gigi
  • Mengenakan pakaian rapih dan bersih
  • Sarapan & cukup minum
  • Berdoa sebelum belajar
  • Menyiram tanaman
APERSEPSI

    Hi... selamat bertemu kembali. Semoga kalian semua dalam keadaan sehat selalu ya. Kalian semua pasti sudah pernah menonton televisi. Kira-kira televisi yang kalian punya di rumah itu lebih banyak manfaatnya atau tidak ya? Nah, hari kita akan mempelajari apa saja sih manfaat dan kerugian dari televisi itu?

MATERI

Bacalah teks eksplanasi berikut!

Pahami isinya dengan baik!

Si Kotak Ajaib

    John Logie Baird lahir di Skotlandia, 13 Agustus 1888. Ia adalah penemu yang pada kesempatan itu untuk pertama kalinya menunjukkan bahwa gambar hidup dapat ditransmisikan melalui pesawat yang sekarang dikenal sebagai televisi. Baird mendemonstrasikan televisi di depan para bapak-bapak dan ibu-ibu, di Royal Institute London untuk pertama kalinya pada tahun 1925. Seiring dengan perkembangan teknologi, lalu televisi kemudian terus berkembang hingga menjadi semakin canggih seperti saat ini.

    Prinsip kerja televisi secara umum adalah mengubah sinyal elektonik dan magnetik menjadi gambar dan suara. Sinyal tersebut berupa gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang terdiri atas medan magnet dan medan listrik. Gelombang elektromagnet dapat merambat, dipantulkan, dan dibiaskan tanpa media perantara. Gambar yang kita lihat di layar televisi adalah hasil produksi dari sebuah kamera. Pada awalnya, objek gambar yang ditangkap kamera akan diubah menjadi sinyal gelombang elektromagnetik. Sinyal tersebut akan ditransmisikan oleh pemancar ke pesawat penerima pada televisi. Pesawat televisi akan mengubah sinyal yang diterima menjadi objek gambar yang utuh sesuai dengan objek yang ditranmisikan, dalam bentuk hitam putih atau berwarna. Jadi, televisi adalah sebuah media telekomunikasi yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara. Kata “televisi” merupakan gabungan dari bahasa Yunani “tele” artinya jauh dan bahasa Latin “visio” artinya penglihatan. Sehingga televisi dapat diartikan sebagai “alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/penglihatan”. Penemuan televisi juga dikategorikan sebagai penemuan besar yang mampu mengubah peradaban dunia.

MARI BERLATIH

    Bersama anggota keluargamu, diskusikan pengaruh positif dan negatif dari beragam informasi yang dapat kita ambil dari televisi!

    Tuliskan dalam di buku catatanmu tabel di bawah ini! 

Pengaruh positif dan negatif dari beragam informasi yang disajikan di Televisi

No

Pengaruh Positif

No

Pengaruh Negatif

1

 

1

 

2

 

2

 

3

 

3

 

4

 

4

 

5

 

5

 


EVALUASI

Ayo Evaluasi!
Pilihlah jawaban yang paling tepat ya!



KESIMPULAN

Ayo kita bersama-sama membuat kesimpulan dari kegiatan belajar hari ini.

KESIMPULAN
  1. Televisi merupakan penemuan yang dapat merubah kehidupan sosial dan budaya masyarakat.
  2. Dampak positif dari televisi yaitu sebagai sarana hiburan, penerimaan informasi, dan edukasi.
  3. Dampak negatif dari televisi yaitu masuknya pengaruh asing yang negatif di masyarakat Indonesia.

Related

Teknologi 4777513929606266099

Post a Comment

  1. Callista sudah beres mengerjakan ulangan nya Pak🙏🏻🙏🏻

    ReplyDelete
  2. Rizki Rafandi Sujana 6A.

    Rizki sudah mengerjakan tugas pak🙏🏻

    ReplyDelete

emo-but-icon

item