BDR TEMA 4 SUBTEMA 2 KEGIATAN 4

 Pendidikan Lingkungan Hidup

Tujuan Pembelajaran: Peserta didik dapat memahami akibat pencemaran udara.

Materi Pokok : Pencemaran Udara


APERSEPSI

Perhatikan gambar di bawah ini!


 


Apa yang kalian ketahui tentang gambar tersebut?


MATERI

    Setiap pencemaran yang terjadi tentunya mempunyai dampaknya yang berbeda-beda bagi keberlangsungan hidup manusia dan alam semesta. Memang, sudah bisa dikatakan sedikit terlambat untuk mengurangi dampak dari pencemaran tersebut. Akan tetapi Anda juga masih bisa berperan untuk melakukan pencegahan agar pencemaran tidak menjadi semakin parah. Di bawah ini adalah beberapa dampak dari pencemaran lingkungan yang bisa Anda lihat dan rasakan secara langsung.

a. Dampak Pencemaran Lingkungan Udara

    Pencemaran udara yang sudah mencapati tingkatan yang berbahaya akan menimbulkan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan. Dalam daerah tertentu, kadar dari karbon monoksida bisa mencapai angka 10 hingga 15 ppm. Angka tersebut bisa ditemui dalam kota-kota besar yang berpenduduk padat dan banyaknya kendaraan bermotor yang berlalu lalang di kota tersebut.

    Dengan tingginya angka karbon monoksida tersebut tentunya akan berdampak bagi masalah pernapasan dari setiap makhluk yang ada di dalamnya. Jika Anda berpergian ke luar tanpa menggunakan masker untuk menyaring polusi tersebut maka Anda juga bisa akan terkena dampak dari tingkat pencemaran udara tersebut.


b. Dampak Pencemaran Lingkungan Air

    Pencemaran lingkungan juga bisa memberikan dampak negatif yang sangat buruk bagi kondisi perairan. Pencemaran pada air biasanya disebabkan oleh berbagai bentuk sampah dan limbah yang terbuang pada sungai dan laut. Jika air telah mengalami pencemaran yang serius bisa mengakibatkan terjadinya banyak biota air menjadi terkena dampaknya seperti keracunan hingga kematian. Kondisi lainnya yang lebih parah apabila pencemaran tersebut masuk ke dalam sumber air minum manusia maka bisa mengakibatkan terjadinya keracunan apabila terkonsumsi oleh Anda.

    Situasi yang sangat berbahaya ini membutuhkan perhatian yang khusus agar tidak berdampak terlalu luas pada habitat laut. Apabila jumlah habitat laut semakin berkurang maka semakin sedikit sumber daya yang bisa Anda ambil dan konsumsi dari laut itu sendiri.

c. Dampak Pencemaran Lingkungan Tanah

    Limbah dan hasil buangan pabrik lainnya bisa mengakibatkan terjadinya pencemaran tanah. Dilansir dari Environment Indonesia, tanah yang sudah tercemar akan berdampak pada rusaknya kandungan humus pada tanah hingga bisa mengakibatkan bau yang tidak sedap. Dampak langsung dari pencemaran tanah yang bisa Anda rasakan adalah lingkungan menjadi penuh dengan lalat karena kotor dan kumuh.

    Pencemaran tanah juga bisa mengakibatkan penyakit yang mematikan akan muncul dan menimbulkan wabah berbahaya seperti pes hingga malaria bagi siapa saja yang berada dan tinggal di sekitar tanah yang tercemar tersebut.


MARI BERLATIH

    Buatlah sebuah kliping tentang pencemaran lingkungan, bahannya dapat mencari di media cetakseperti koran, majalah dan internet.


KESIMPULAN

    Pencemaran lingkungan memiliki dampak yang sangat terasa oleh kita. Pencemaran akan memiliki dampak negative terhadap kesehatan manusia, selainitupencemaran lingkungan juga memiliki dampakterhadap makluk hidup yang lainya seperti hewan dan tumbuhan. Oleh karena itu kita harus menjaga kebersihan lingkungan baik itu udara, tanah dan air.



Bahasa dan Sastra Sunda

Tujuan Pembelajaran:

  • Peserta didik dapat memahami tentang kemajuan teknologi akibat pengaruh globalisasi
  • Peserta didik dapat menceritakan tentang kemajuan teknologi akibat pengaruh globalisasi

Materi Pokok: Kemajuan Teknologi



APERSEPSI


Titenan gambar di handap, tuluy sebutkeun ngaranna!

.............................................................................................

.............................................................................................


.............................................................................................



.............................................................................................



.............................................................................................



.............................................................................................



.............................................................................................



.............................................................................................



.............................................................................................



.............................................................................................




Kecap Sabalikna

Dina bacaan di luhur aya kalimah anu unina kieu :

Kiwari disebut-sebut mangrupa Jaman Globalisasi, dunya teh karasana beuki heureut bae.

Dina kalimah di luhur aya kecap heureut, sabalikna tina lega.

Kecap sabalikna sok disebut oge kecap lalawanan atawa antonim.

Ngalarapkeun Rarangken ka –an

Dina bacaan di luhur aya kalimah anu unina kieu :

Globalisasi teh gede pangaruhna pikeun kahirupan urang.

Dina kalimah di luhur aya kecap kahirupan. Asalna tina kecap hirup make rarangken ka –an, nya eta rarangken hareup ka- jeung rarangken tukang –an.


EVALUASI

Pek teangan ku hidep kecap sabalikna tina kecap-kecap di handap!

  1. panjang >< ...........................
  2. luhur >< ...........................
  3. gede >< ...........................
  4. jangkung >< ...........................
  5. alus >< ...........................
  6. beresih >< ...........................
  7. bener >< ...........................
  8. pinter >< ...........................
  9. poek >< ...........................
  10. anyar >< ...........................


MARI BERLATIH

Pek lengkepan kalimah di handap ku kecap anu geus diraangkenan ku rarangken ka –an, nya eta tina kecap anu aya dina kurung di satukangeunana!

  1. Lembur Euis ............................... kuJalan Tosl Soroja. (liwat)
  2. Basa balik ti kebon Jajang ............................... di jalan. (hujan)
  3. Anu getol mah tara ............................... ka sakola. (beurang)
  4. Bareto Pasar Cibeureum kungsi ............................... . (huru)
  5. Kurupuk mah lamun ............................... sok liat. (tiis)
  6. Gatrik teh nya eta ............................... barudak lalaki. (ulin)
  7. Bakating ku cape, Mang Udin ............................... dina papan. (sare)
  8. Ti imah Toni ka masjid teh ngan ............................... ku dua imah. (halang)
  9. Basa di Kawah Putih teh ............................... papanggih jeung babaturan. (bener)
  10. Uran gulah sok nguar-nguar ............................... batur, teu hade. (goreng)

Related

Kegiatan 8133486391110317058

Post a Comment

emo-but-icon

item