BDR TEMA 4 SUBTEMA 3 KEGIATAN 1

 PENDIDIKAN KEWARGAAN

Tujuan Pembelajaran:

  1. Setelah berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi pentingnya sikap positif dalam hal keberagaman ekonomi dengan benar.
  2. Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan sikap-sikap positif dan tindakan yang dilakukan dalam keberagaman ekonomi dengan benar.

Materi Pokok: Keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat.

APERSEPSI

Tahukah kalian makna pernyataan “Berpikir Global Bertindak Lokal” ?

Marilah kita pelajari bersama-sama.


MATERI

    Sikap positif terhadap keberagaman kegiatan ekonomi. Keberagaman kegiatan ekonomi yang ada merupakan anugrah Tuhan Yang Maha Esa yang harus kita syukuri. Dengan adanya keberagaman tersebut, kebutuhan ekonomi masyarakat dapat terpenuhi.

    Bayangkan jika hanya ada satu kegiatan ekonomi, tentunya kebutuhan masyarakat sulit terpenuhi, jika kebutuhan masyarakat tidak terpenuhi maka kesejahteraan pun sulit untuk ditingkatkan.

    Salah satu contoh sikap positif terhadap keberagaman kegiatan ekonomi adalah dengan mencintai dan menggunakan produk dalam negeri.

    Jadi pengertian berpikir global bertindak lokal adalah bersikap terbuka terhadap perkembangan-perkembangan yang terjadi di seluruh dunia, namun masih menjunjung tinggi produk dalam negeri dibanding produk luar negeri.


MARI BERLATIH

    Sekarang coba diskusikan bersama orang tua mu mengenai makna “Berpikir Global, Bertindak Lokal”!

Tuliskan hasilnya pada diagram berikut ya!



EVALUASI



KESIMPULAN
Ayo kita bersama-sama membuat kesimpulan dari kegiatan belajar hari ini.

    Berpikir Global Bertindak Lokal adalah bersikap terbuka terhadap perkembangan-perkembangan yang terjadi di seluruh dunia, namun masih menjunjung tinggi produk dalam negeri dibanding produk luar negeri.

    Sikap-sikap positif dan tindakan yang dilakukan dalam keberagaman ekonomi diantaranya adalah bangga menggunakan produk dalam negeri.


KEBIASAAN BAIKKU

Coba kamu tuliskan di dalam kotak yang tersedia di bawah ini, sikap baik apa yang telah kamu lakukan hari ini !


Post a Comment

emo-but-icon

item