Bahasa Idonesia: Memperkirakan informasi yang dapat diperoleh dari teks nonfiksi sebelum membaca

3.7 Memperkirakan informasi yang dapat diperoleh dari teks nonfiksi sebelum membaca (hanya berdasarkan membaca judulnya saja).

  • Menggali informasi dan menyampaikan yang terdapat pada teks nonfiksi secara lisan, tulis, dan visual.

Menuju Masyarakat Sehat

Kesehatan merupakan hal yang harus kita perhatikan. Hal ini dikarenakan setiap orang pasti menginginkan tubuh yang sehat dan kuat. Apabila semua kegiatan yang dilakukan dengan tubuh yang sehat dan kuat, maka aktivitas yang kita.lakukan akan berjalan secara optimal. 

Untuk menjadi sehat, diperlukan gaya hidup yang sehat. Salah satunya dengan berolahraga secara teratur dan tidak lupa mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Selain itu, kita juga perlu menjaga dan merawat kebersihan tubuh. Dapatkah kamu menjelaskan salah satu cara merawat kebersihan tubuh?


Kegiatan Pengantar

    Bacalah judul teks berikut! Dapatkah kamu memperkirakan informasi yang dapat diperoleh dari teks berikut hanya dengan membaca judul tersebut? Bermainlah bersama teman sebelahmu! Tanpa melihat isi teks, tebaklah informasi yang kira-kira akan disampaikan dalam teks tersebut! Cocokkan dengan membaca teks secara keseluruhan! 

Mencuci Tangan Sebelum Makan 



    Tangan yang terlihat bersih belum tentu bersih dari kuman dan bakteri. Barang barang yang kita pegang seperti sapu, uang, atau sepeda banyak mengandung bakteri dan kuman yang berkembang biak. Contohnya kuman salmonella, E.coli, dan norovirus yang didapatkan di toilet, daging mentah, dan sampah.

    Walaupun kita tidak secara langsung bersentuhan dengan hal tersebut, kuman dapat menular melalui jabat tangan. Oleh karena itu, kita harus senantiasa menjaga kebersihan tangan kita. Misalnya, dengan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum makan agar kuman tidak masuk dalam tubuh kita.

    Mencuci tangan yang benar ada caranya. Pertama, basuhlah tangan kita dengan air untuk melunturkan kotoran atau minyak. Kedua, tuangkan sabun cair di atas tangan. Ketiga, gosoklah kedua telapak tanganmu, sela-sela jarimu, dan punggung tanganmu sampai bersih. Keempat, bilasiah dengan air hingga bersih. Terakhir, laplah dengan tisu atau handuk kering. Apabila kita tidak menemukan sabun cuci di tempat kita makan, maka sediakan selalu hand sanitizer. Biasakan perilaku hidup sehat di mana pun kita berada. 

Jawaban siapakah yang paling mendekati dengan informasi pada teks di atas?

A. Memperkirakan Informasi yang Didapat dari Teks Nonfiksi Sebelum Membaca Teks 

    Pernahkah kamu pergi ke toko buku? Biasanya, bukubuku yang ada di sana masih tersegel dengan rapi. Saat buku tersegel, kamu tidak dapat membaca keseluruhan isi buku tersebut. Namun, kamu dapat memperkirakan informasi yang terdapat dalam buku tersebut. Caranya, yaitu dengan membaca judul bukunya. Judul buku biasanya mencerminkan isi buku tersebut. 

    Sama seperti dengan buku, sebuah teks nonfiksi, baik dari media cetak atau media eletronik juga dapat kita perkirakan isi informasinya. Caranya dengan membaca judul teks tersebut. Perhatikan judul berikut!


Teks nonfiksi adalah teks yang berisi informasi berdasarkan fakta atau kenyataan. Contoh teks nonfiksi misalnya buku kesehatan, esai, artikel, atau biografi seseorang.



Cobalah perkirakan informasi dari judul teks berikut. Bahaya Polusi bagi Kesehatan


    Pola Hidup Sehat Dapatkah kamu memperkirakan informasi yang akan disampaikan hanya dengan membaca judul teks tersebut? Berdasarkan judul di atas, kita dapat memperkirakan informasi, seperti definisi pola hidup sehat, manfaat pola hidup sehat, dan macam-macam pola hidup sehat.


Setelah memperkirakan informasi hanya melalui judul teks, kamu dapat mencocokkan hasil perkiraan informasimu dengan membaca teks berikut.


Pola Hidup Sehat

    Pola hidup sehat adalah usaha setiap orang agar tubuhnya selalu sehat. Dengan menerapkan pola hidup sehat, kita dapat melakukan aktivitas kita dengan lancar. Berikut yang pertu diperhatikan dalam menjaga tubuh agar selalu sehat.

1. Makan bergizi seimbang

    Saat beraktivitas, tentu kita memerlukan energi di dalam tubuh kita. Energi dalam tubuh diperoleh dari makanan. Makanan yang sebaiknya kita konsumsi harus mengandung gizi seimbang. Artinya, makanan tersebut memiliki zat karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Dengan demikian, tubuh akan terpelihara kesehatannya.

2. Olahraga


    Aktivitas fisik ini memang sering kali ditinggalkan. Padahal, tubuh perlu bergerak untuk memaksimalkan fungsinya. Olahraga merupakan cara mudah yang dapat dilakukan. Orang yang tidak pernah melakukan olahraga akan sangat rentan untuk terkena penyakit. Akan tetapi, bagi orang yang sering berolahraga, kekebalan tubuhnya akan terbentuk dengan sempurna sehingga dapat melindungi dirinya dari berbagai penyakit. 

3. Istirahat dan tidur

    Istirahat dan tidur yang cukup ternyata mampu memengaruhi kesehatan seseorang. Manfaat istirahat bagi tubuh terasa saat kita mengerjakan berbagai aktivitas yang cukup melelahkan. Dengan tidur yang cukup inilah, maka tubuh dapat kembali segar setelah lelah beraktivitas seharian penuh.

    Itulah hal-hal yang harus diperhatikan untuk mewujudkan pola hidup sehat. Tetaplah menjaga pola makan, olahraga, dan istirahat yang teratur sehingga kita dapat memperoleh manfaat yang jauh lebih optimal dengan gaya hidup yang sehat.

Post a Comment

  1. You will be paid 6 to 1 if any of these numbers come up. Even although many assume that the French Roulette is the one variant created by Frenchmen, the European Roulette was additionally invented by a duo of Frenchies - Francois and Louis Blanc. They eliminated the double zero pocket and gave European Roulette its modern look. Check out our dedicated roulette in Europe part to study 카지노 사이트 extra.

    ReplyDelete

emo-but-icon

item