Masa Pubertas

3.2 Menghubungkan ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan dengan kesehatan reproduksi

4.2 Menyajikan karya tentang cara menyikapi ciri-ciri pubertas yang dialami.

AYO MENGAMATI

Sumber: Buku Tematik Kemendikbud


Amatilah gambar di atas. Gambar manakah yang menunjukkan masa remaja?

Berdasarkan gambar di atas, ingat kembali ciri-ciri pubertas pada anak laki-laki. Kemudian, tuliskan pada pada buku tulismu.


Masa Pubertas

    Apakah kamu masih ingat apa yang disebut masa pubertas? Masa pubertas terjadi pada masa remaja. Pada masa ini, organ reproduksi manusia semakin berkembang untuk mempersiapkan diri memiliki keturunan. Pada masa pubertas, terjadi perubahan fisik serta psikologis.


1. Ciri-Ciri pada Masa Pubertas

    Masa pubertas ditandai oleh ciri-ciri tertentu. Pada masa pubertas, organ reproduksi sudah mampu memproduksi sel-sel reproduksi. Laki-laki mulai menghasilkan sel sperma di dalam testis, sedangkan perempuan mulai menghasilkan sel telur matang di dalam ovarium (indung telur). Jika sel telur tidak dibuahi, sel tersebut akan dikeluarkan dalam proses menstruasi. Dihasilkannya sel-sel reproduksi merupakan ciri utama masa pubertas atau disebut juga ciri primer. Selain ciri-ciri primer, pada masa pubertas juga terjadi perubahan ciri-ciri fisik yang dapat diamati yang disebut ciri sekunder. Perhatikan tabel berikut untuk mengetahui ciri-ciri tersebut!

Tabel Ciri-ciri fisik pada masa pubertas

Remaja Laki-laki

Remaja Perempuan

1.      Suara menjadi lebih berat

1. Suara menjadi lebih nyaring

2.      Tumbuh rambut di ketiak, tumbuh kumis, janggut, dan juga cambang

2. Tumbuh rambut di tempat-tempat tertentu, misalnya ketiak

3.      Jakun mulai terlihat jelas dan membesar

3, Bagian dada membesar

4.      Bahu menjadi lebih lebar dan dada menjadi semakin bidang

4, Pinggul membesar

5.      Produksi keringat semakin banyak

5, Produksi keringat semakin banyak

6.      Tumbuh jerawat

6, Tumbuh jerawat


Selain perubahan fisik, pada masa pubertas juga muncul perubahan psikologis. Remaja pada umumnya semakin berpikir kritis, tidak mau aktivitasnya dibatasi oleh orang tua, ingin mencoba hal-hal baru, dan mudah cemas jika terjadi perubahan fisik. Seorang remaja memerlukan bimbingan dan pengawasan dari orang-orang di sekitarnya. Jadi, jika kamu merasa bingung pada masa ini, berdiskusilah dengan orang tua atau gurumu.

  • Pada masa pubertas, terdapat ciri primer dan ciri sekunder.
  • Remaja laki-laki dan remaja perempuan mengalami perubahan fisik yang berbeda pada masa pubertas.

2. Menjaga Kesehatan Tubuh dan Organ Reproduksi pada Masa Pubertas

    Pada masa pubertas, hormon reproduksi juga merangsang aktifnya kelenjar minyak dan keringat. Akibatnya, produksi kelenjar keringat dan minyak meningkat sehingga wajah mudah berjerawat dan tubuh berbau keringat. Hal tersebut dialami baik oleh remaja laki-laki maupun perempuan.

    Aktivitas seorang remaja juga sangat banyak sehingga mereka perlu menjaga kebugaran tubuh. Berikut beberapa cara untuk menjaga kesehatan tubuh pada masa pubertas.


  • Mandi dua kali dalam sehari menggunakan air bersih dan sabun, mencuci wajah secara teratur atau ketika terasa kotor, serta mencuci rambut secara teratur menggunakan air bersih dan sampo.
  • Mengenakan pakaian yang bersih dan kering. 
  • Mengenakan pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun agar mudah menyerap keringat. 
  • Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi agar kekebalan tubuh meningkat.
  • Berolahraga secara teratur dan beristirahat yang cukup.

        Kamu telah mengetahui bahwa pada masa pubertas organOrgan reproduksi seorang remaja mulai berkembang. Kebersihan dan kesehatan organ reproduksi perlu dirawat dengan baik. Berikut beberapa cara menjaga kesehatan organ reproduksi.

  • Mengusahakan agar pakaian dalam tetap kering dan tidak lembap sehingga tidak menjadi tempat tumbuh jamur dan kuman, terutama pada bagian lipatan kulit.
  • Mengenakan pakaian dalam yang tidak terlalu ketat sehingga tidak menyebabkan luka dan iritasi. Bagi remaja laki-laki, celana yang terlalu ketat dapat menekan dan menghambat perkembangan organ reproduksi.
  • Membilas organ reproduksi dengan air bersih setelah buang air.  Setelah dibasuh, organ reproduksi harus dikeringkan, misalnya menggunakan handuk atau tisu.

    Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh remaja perempuan dalam menjaga kesehatan dan kebersihan diri, terutama pada saat menstruasi. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  • Saat membasuh organ reproduksi, bersihkan dari arah depan ke belakang. Tujuannya untuk mencegah kuman dari anus masuk ke saluran reproduksi.
  • Menggunakan pembalut yang lembut dan menggantinya setiap beberapa jam atau jika sudah terasa lembap. Pembalut yang terlalu lama dipakai dan lembap akan menjadi tempat tumbuh bakteri. 
  • Meminum cukup air putih. Remaja juga dianjurkan menyantap makanan yang banyak mengandung zat besi, contohnya ikan, hati, biji-bijian, dan sayuran hijau. Kandungan zat besi dalam makanan tersebut dapat menggantikan zat besi yang hilang selama menstruasi. 

    Beberapa cara untuk menjaga kesehatan tubuh dan organ reproduksi pada masa pubertas, antara lain mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga, serta membersihkan tubuh dan organ reproduksi.


Tugas

    Lakukan diskusi bersama tiga orang temanmu yang berjenis kelamin sama. Diskusikan. tentang cara-cara menjaga kesehatan tubuh dan organ reproduksi selama masa pubertas, Ceritakan pada temanmu hal-hal yang telah kamu lakukan untuk menjaga kesehatan tubuhmu.


3. Menyikapi Masa Pubertas

    Pada masa pubertas, remaja tidak hanya mengalami perubahan fisik. Remaja juga mengalami perubahan secara psikologis di dalam diri mereka, Remaja biasanya mudah dipengaruhi lingkungannya dan ingin mencoba hal-hal baru, Perubahan tersebut perlu disikapi dengan bijaksana. Berikut beberapa cara untuk menyikapi masa pubertas.

  • Mendekatkan diri kepada Tuhan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan rajin beribadah sesuai agama masing-masing. Seorang remaja dapat terhindar dari hal-hal negatif di lingkungannya dengan mematuhi norma-norma agama.
  • Mematuhi nasihat orang tua dan guru. Orang tua dan gurumu senantiasa ingin yang terbaik untukmu sehingga kamu harus mendengarkan nasihat mereka. Jika kamu memiliki masalah yang tidak dapat dipecahkan sendiri, berdiskusilah dengan orang tua atau gurumu.
  • Menjaga pergaulan. Hal ini dapat dilakukan dengan memilih teman yang baik, misalnya teman yang mengajak kita ikut serta dalam kegiatan positif. Kita juga sebaiknya membatasi pergaulan dengan teman lawan jenis agar tetap dalam batas yang wajar.
  • Melakukan kegiatan yang positif. Kegiatan-kegiatan positif akan menjauhkan kita dari perbuatan yang kurang baik. Kegiatan positif dapat dilakukan di rumah, di sekolah, atau di luar sekolah. Contoh kegiatan positif yang dapat dilakukan adalah kursus bermain musik, belajar bahasa asing, berolahraga, atau terlibat dalam kegiatan sosial.

(a)

(b)

Sumber Gambar: https://nationalgeographic.grid.id/

Gambar: Contoh kegiatan positif yang dapat dilakukan pada masa pubertas, yaitu bermain musik (a) dan mengikuti kegiatan olahraga (b).

    Masa pubertas perlu disikapi dengan bijaksana, misalnya mendekatkan diri kepada Tuhan, mematuhi nasihat orang tua, menjaga pergaulan, serta melakukan kegiatan yang positif.


RANGKUMAN:

  1. Manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan sejak bayi hingga dewasa.
  2.  Pertumbuhan adalah proses pertambahan volume dan banyak sel yang mengakibatkan pertambahan ukuran makhluk hidup.
  3. Perkembangan adalah proses berubahnya sel-sel dalam tubuh makhluk hidup untuk membentuk struktur dan memiliki fungsi tertentu.
  4. Faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan, yaitu gen, hormon, zat gizi dan air, cahaya matahari, serta aktivitas.
  5. Tahap-tahap pertumbuhan dan perkembangan yang dilalui manusia, antara lain masa bayi, balita (bawah lima tahun), anak-anak, remaja (pubertas), dewasa, dan lansia (lanjut usia).
  6. Setiap tahap pertumbuhan memiliki cirinya masing-masing.
  7. Remaja mengalami masa pubertas. Pada masa pubertas, organ reproduksi manusia mulai berkembang untuk mempersiapkan diri memiliki keturunan.
  8. Pada masa pubertas, remaja menunjukkan ciri primer dan sekunder.
  9. Ciri primer pada remaja, yaitu mulai diproduksinya sel-sel reproduksi.
  10. Ciri-ciri sekunder pada remaja laki-laki, misalnya suara menjadi berat, tumbuh kumis, jakun membesar, bahu menjadi lebar, dada menjadi bidang, tumbuh jerawat, dan banyak berkeringat.
  11. Ciri-ciri sekunder pada remaja perempuan, misalnya suara menjadi nyaring, pinggul membesar, bagian dada membesar, tumbuh rambut di tempat tertentu, wajah berjerawat, dan banyak berkeringat.
  12. Pada masa pubertas juga muncul perubahan di dalam diri remaja, misalnya tidak ingin dibatasi aktivitasnya dan ingin mencoba hal-hal baru.
  13. Kesehatan tubuh dan organ reproduksi perlu dirawat dengan baik pada masa pubertas. Cara yang dapat dilakukan, misalnya menjaga kebersihan tubuh dan wajah, mengenakan pakaian dalam yang bersih dan kering, dan membersihkan organ reproduksi setelah buang air.
  14. Beberapa cara untuk menyikapi masa pubertas, yaitu mendekatkan diri kepada Tuhan, mematuhi nasihat orang tua, menjaga pergaulan, dan melakukan kegiatan yang positif.
Sumber: Sains untuk SD/MI Kelas VI penerbit Erlangga

UJI KEMAMPUAN

Salinlah soal-soal berikut dan kerjakanlah dengan benar!

1. Proses yang disertai pertambahan berat, ukuran, dan tinggi pada. makhluk hidup disebut .... 

    A. perubahan

    B. pertumbuhan - 

    C. perkembangan 

    D. perkembangbiakan 

2. Perhatikan tahapan-tahapan pertumbuhan dan perkembangan manusia berikut!

    (1) Bayi

    (2) Anak-anak,

    (3) Balita

   (4) Remaja

    (5) Lansia

    (6) Dewasa

Urutan tahapan pertumbuhan dan perkembangan manusia yang tepat  ditunjukkan dengan nomor ....

A. (1) - (2) - (3) - (4) - (5) - (6)

B. (1) - (3) - (2) - (4) - (5) - (6)

C. (1) - (3) - (2) - (4) - (6) - (5)

D. (3) - (1) - (2) - (4) - (6) - (5)

3. Faktor pertumbuhan yang merupakan faktor keturunan dari orang tua adalah . . . .

A. hormon

B. zat gizi

C. protein

D. gen

4, Seorang pasien dinyatakan menderita penyakit kerdil (dwarfsm). Penyebab penyakit tersebut adalah . . . .

    A. kekurangan hormon somatotropin

    B. kurang asupan protein pada tahap balita

    C. tidak mengonsumsi air susu ibu (ASI) ketika bayi

    D. tidak menerima paparan cahaya matahari sehingga pertumbuhan tulang terganggu

5. Amatilah ciri-ciri berikut!

  (1) Tumbuh gigi susu                 (4) Tumbuh gigi permanen

  (2) Mulai dapat merangkak        (5) Mulai lancar membaca dan menulis

  (3) Meminum air susu ibu          (6) Gigi susu tanggal

 Ciri-ciri tahap pertumbuhan pada masa anak-anak ditunjukkan dengan nomor .... 

    A. (1), (2), dan (3)

    B. (1), (3), dan (6)

    C. (2), (3), dan (4)

    D. (4), (5), dan (6) 

6. Amatilah tabel berikut!

No.

Tahap Pertumbuhan

Ciri-Ciri

1

Anak-anak

Tumbuh gigi susu

2

Remaja perempuan

Mengalami menstruasi

3

Remaja laki-laki

Pinggul membesar

4

Lansia laki-laki

Mengalami menopause

5

Lansia wanita

Rambut memutih


 Pasangan tahap pertumbuhan dan perkembangan manusia dan ciri-cirinya yang tepat ditunjukkan dengan nomor .... 
    A. 1 dan 2
    B. 2 dan 3
    C. 2 dan 5
    D. 4 dan 5 

7. Tahap pertumbuhan yang disebut sebagai tahap peralihan antara masa anakanak dan masa dewasa 
    adalah .... 
    A. bayi 
    B. balita 
    C. lansia
    D. remaja 

8. Hal yang terjadi pada remaja laki-laki pada masa pubertas adalah .... 
    A. mulai tumbuh gigi permanen dan gigi susu tanggal
    B. dada menjadi bidang dan suara menjadi berat 
    C. pinggul membesar dan suara menjadi nyaring 
    D. rambut memutih dan kulit menjadi keriput

9. Perhatikan ciri-ciri fisik pada masa pubertas berikut!
    (1) Jakun tumbuh semakin besar
    (2) Mengalami menstruasi
    (3) Dada menjadi bidang
    (4) Pinggul membesar 
    (5) Tumbuh jerawat 
Ciri-ciri fisik yang tampak pada rernaja perempuan ditunjukkan dengan nomor . . . .
    A. (1), (2), dan (4)
    B. (1), (3), dan (5)
    C. (2), (3), dan (4)
    D. (2), (4), dan (5)

10. Amatilah tabel berikut! 

Tahap

Ciri-ciri

1. Remaja

P. Pola pikir matang

2. Dewasa

Q. Mulai dapat berlari

3. Bayi

R. Kulit menjadi keriput

4. Balita

S. Tumbuh gigi susu

5. Lansia

T. Wajah berjerawat


Pasangan yang tepat antara tahap perkembangan manusia dan ciri-cirinya yang tepat adalah .... 

    A. 1-P, 2-Q, dan 3-R 

    B. 1-T, 2-R, dan 4-S 

    C. 2-P 3-Q dan 5-T 

    D. 2-P, 3-S, dan 5-R 


11. Menstruasi pada perempuan menandakan ....
       A. usia bertambah tua
       B. mengalami masa dewasa 
       C. berfungsinya organ reproduksi
       D. gangguan pada alat pencernaan 

12. Pada masa pubertas, selain mengalami pertumbuhan yang pesat, tubuh remaja laki-laki dan 
      perempuan juga mengalami beberapa perubahan. Perubahan perubahan tersebut berguna untuk . . . . 
      A. berkembang biak
      B. memikul beban berat
      C. menjaga kesehatan tubuh
      D. menghadapi persaingan hidup

13. Berikut yang merupakan cara menjaga
      kesehatan organ reproduksi adalah ....
        A. mandi cukup satu kali sehari
        B. mengenakan pakaian yang ketat
        C. mengenakan pakaian yang lembap
        D. membilas organ reproduksi setelah
             buang air kecil

14. Pakaian dalam yang lembap dapat 
      mengganggu kesehatan organ reproduksi 
      karena ....
        A. menyebabkan kulit terluka
        B. peredaran darah dapat terganggu
        C. mudah ditumbuhi jamur dan bakteri
        D. menghambat perkembangan organ         
             reproduksi

15. Salah satu cara menyikapi masa pubertas 
       yang baik adalah ....
        A.  mengikuti kegiatan positif
        B.  berteman dengan siapa sajak
        C.  mencoba semua hal-hal baru
        D.  tidak mendiskusikan masalah dengan 
              orang tua

II.  Isilah dengan jawaban yang singkat dan benar! 
  1. Proses pertambahan ukuran makhluk hidup yang tidak dapat kembali ke ukuran semula disebut .... 
  2. Masa ketika terjadi perkembangan organ reproduksi disebut ....
  3. Hormon yang berperan dalam proses pertumbuhan adalah .... 
  4. Cahaya matahari membantu mengubah ... menjadi . . . yang membantu pertumbuhan tulang.
  5. Makanan paling penting bagi seorang bayi yang baru lahir adalah ....
  6. Pada umumnya, gigi permanen akan menggantikan gigi susu pada tahap ....
  7. Berhentinya siklus menstruasi pada lansia wanita disebut juga .... 
  8. Giri-Ciri utama pada masa pubertas disebut juga ciri .... 
  9. Contoh ciri sekunder pada remaja laki-laki adalah ... dan .... 
  10. Salah satu cara menyikapi masa pubertas adalah .... 

III. Kerjakan soal-soal berikut!

  1. Apa perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan pada manusia?
  2. Apa saja faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia?
  3. Mengapa manusia memerlukan gizi seimbang pada masa pertumbuhan? 
  4. Mengapa aktivitas di luar rumah seperti bermain baik bagi pertumbuhan anak-anak?
  5. Apa yang kamu ketahui tentang masa anak-anak? Jelaskan!
  6. Apa saja ciri-ciri sekunder yang tampak pada remaja laki-laki dan perempuan?
  7. Apa tujuan utama berkembangnya organ reproduksi pada manusia?
  8. Apa saja perubahan psikologis yang dapat muncul pada masa remaja?
  9. Bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh pada masa pubertas?
  10. Bagaimana cara menyikapi masa pubertas?
  11. Amatilah gambar berikut!

Tulislah setiap tahap pertumbuhan pada gambar di atas!

12. Amatilah gambar berikut!

A

B
Sumber: https://pixabay.com/id/photos

              Manusia memerlukan makanan dan minuman untuk dapat tumbuh. Jelaskan jenis makanan dan               minuman yang diperlukan pada tahap pertumbuhan seperti pada gambar! Apakah keduanya                  memerlukan jenis makanan dan minuman yang sama? Jelaskan!


13. Amatilah gambar berikut!
Sumber: https://pixabay.com/id/photos

        a. Pada tahap pertumbuhan manusia tersebut, kulit menjadi keriput dan rambut memutih.
            Mengapa hal itu terjadi? Tan 
        b. Apakah proses pertumbuhan dapat dibalik sehingga orang tersebut menjadi muda kembali?


14. Menurutmu, apa tahap pertumbuhan yang sedang kamu alami? Jelaskan alasanmu!

15. Jika kamu akan mengalami masa pubertas, bagaimana caramu mempersiapkan Giri untuk hal 
      tersebut? Jelaskan!


  • Uji Keterampilan
Membuat Majalah Dinding tentang Cara Menyikapi Masa Pubertas 

Tujuan: Membuat karya tentang menyikapi masa pubertas. 

Alat dan Bahan: 
  1. Kertas karton
  2. Alat tulis dan alat mewarnai
  3. Kertas wama
  4. Gunting atau cutter
Cara Kerja: 

  1. Lakukan kegiatan berikut dalam kelompok yang beranggotakan 4—5 orang.
  2. Lakukan wawancara kepada guru atau orang tua tentang saran dan pendapat mereka tentang menyikapi masa pubertas.
  3. Carilah juga informasi tentang cara menyikapi masalah pubertas. Kamu dapat mencari informasi tersebut di buku atau koran. Kamu juga dapat mencari informasi di internet. Ingatiah bahwa kamu perlu diawasi oleh guru atau orang tua ketika menggunakan internet.
  4. Lakukan diskusi bersama kelompokmu tentang wawancara dan informasi yang kamu dapatkan.





Post a Comment

emo-but-icon

item