Tema 7 Subtema 1 Kegiatan 1

Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan

Tujuan Pembelajaran :

  1. Melalui kegiatan berdiskusi bersama dengan orangtua, peserta didik mampu mengidentifikasi nilai-nilai ketuhanan dalam kehidupan dengan benar.
  2. Melalui kegiatan membaca, peserta didik dapat menjelaskan nilai-nilai yang terkandung dalam sila kedua Pancasila dengan benar

Materi pokok : Penerapan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila


APERSEPSI



Ayo kita nyanyikan lagu di bawah ini bersama-sama!

Garuda Pancasila

Ciptaan: Sudharnoto


Garuda pancasila

Akulah pendukungmu

Patriot proklamasi

Sedia berkorban untukmu

Pancasila dasar negara

Rakyat adil makmur sentosa

Pribadi bangsaku

Ayo maju maju

Ayo maju maju

Ayo maju maju

Garuda pancasila

Akulah pendukungmu

Patriot proklamasi

Sedia berkorban untukmu

Pancasila dasar negara

Rakyat adil makmur sentosa

Pribadi bangsaku

Ayo maju maju

Ayo maju maju

Ayo maju maju


MATERI


Berikut adalah nilai-nilai yang terkandung dalam sila kesatu Pancasila, yaitu “Ketuhanan yang Maha Esa”.

  1. Percaya dan takwa terhadap Tuhan yang Maha Esa.
  2. Mengembangkan sikap hormat-menghormati dan bekerja sama antarpemeluk agama dan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan yang Maha Esa.
  3. Membina kerukunan hidup di antara sesama umat beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan yang Maha Esa.
  4. Agama dan kepercayaan terhadap Tuhan yang Maha Esa adalah masalah yang menyangkut hubungan pribadi manusia dengan Tuhan yang Maha Esa.
  5. Mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.
  6. Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan terhadap Tuhan yang Maha Esa kepada orang lain.




Berikut adalah nilai-nilai yang terkandung dalam sila kedua Pancasila, yaitu

“Kemanusiaan yang Adil dan Beradab”.

  • Mengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan yang Maha Esa.
  • Mengakui persamaan derajat, persaman hak, serta kewajiban setiap manusia, tanpa membeda-bedakan suku, keturunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan sosial, dan warna kulit.
  • Mengembangkan sikap saling mencintai sesama manusia.
  • Mengembangkan sikap saling tenggang rasa dan tepa selira.
  • Mengembangkan sikap tidak semena-mena terhadap orang lain.
  • Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.
  • Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan.
  • Berani membela kebenaran dan keadilan.
  • Mengembangkan sikap saling menghormati dan bekerja sama dengan bangsa lain.


EVALUASI

Perhatikan teks berikut ini, lalu lengkapi titik-titik sesuai dengan pembelajaran kita hari ini, diskusikan bersama kedua orangtuamu ya!

Pagi itu udara masih dingin, butiran-butiran air masih turun dari langit sejak subuh tadi. Rizky seorang anak yang terlahir di lingkungan orang-orang yang taat beribadah, bapaknya adalah seorang ustadz sedangkan ibunya adalah seorang guru ngaji.

Sejak kecil Rizky diajarkan untuk taat kepada agama, orang tua, dan orang-orang disekitarnya. Rizky juga diajarkan untuk dapat bertoleransi kepada orang-orang yang berbada dengannya, baik beda agama, suku, bahasa, ataupun ras.

Esok harinya Rizky bersiap untuk sekolah. Tak lupa ia pamit dan mencium tangan kedua orang tuanya kemudian berangkat ke sekolah. Tibanya di sekolah, ia bertemu dengan teman dekatnya yaitu Putu.

“Tugas kamu sudah selesai belum?” tanya Rizky.

“Sudah ky, kalo kamu?” jawab Putu.

“Sudah juga” Jawab Rizky.

Bel berbunyi tanda dimulainya proes pembelajaran, para siswa kemudian masuk ke dalam kelas untuk mengikuti pelajaran. Ibu Tuti membuka pelajaran pertama pada hari ini.

“Selamat pagi anak-anak, bagaimana kabar kalian? Semoga kalian baik-baik saja.” ucap bu Tuti. “Apakah tugas kalian sudah selesa?” tanya bu Tuti,

“Udah Bu!” jawab murid-murid,

“Bagus anak-anak, silahkan dikumpulkan di meja Ibu. Hari ini kita akan membahas pelajaran tentang toleransi antar-agama, silahkan buka buku kalian halaman 19 sambil ibu mengoreksi pekerjaan kalian.” ucap bu Tuti.

Setelah para siswa selesai membaca buku, ada salah seorang murid bertanya kepada bu Tuti,

“Bu, kenapa diantara kita harus ada perbedaan?”, bu Tuti tersenyum mendengar pertanyaan itu kemudian menjawab

“(1 ........................................................................................... ”

Setelah lama belajar, tak terasa bel berbunyi pertanda jam istirahat sudah tiba.

“Demikian pelajaran kita hari ini, ibu harap kalian mengulangnya di rumah.” ucap bu Tuti,

“Iya, Buuu” jawab murid-murid serentak.

Beberapa waktu kemudian bel penanda pulang sekolah berbunyi, Rizky pun pulang bersama dengan sahabatnya Putu. Ditengah perjalanan, mereka melihat dua anak yang sedang berkelahi kemudian mereka kesana dan memisahkan dua anak yang berkelahi tersebut. Setelah suasana reda, Rizky bertanya kepada dua anak tersebut kenapa mereka bisa berkelahi.

“Kenapa kalian berkelahi?”

“Kita berkelahi karena dia mengejekku!” jawab anak yang satu dengan penuh emosi.

“Jangan kalian permasalahkan perbedaan diantara kita, walaupun kita berbeda tapi kita harus (2).... .......................................................................................................” terang Rizky panjang lebar.

Akhirnya Rizky meminta kedua anak itu untuk (3) ................................................


Sumber : kompasiana.com




Related

Kegiatan 7491565180798761430

Post a Comment

emo-but-icon

item