Bahasa Indonesia Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup

Indikator: Menyimpulkan dan menyajikan Informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yang didengar dan dibaca secara lisan dan tulis.

    Bayu bersama teman-teman sekelasnya melakukan kunjungan wisata ke kebun binatang. Di sana mereka melihat berbagai jenis hewan. Ada hewan mamalia, reptil, unggas, dan amfibi.

    Kebun binatang menjadi salah satu tempat pelestarian hewan-hewan. Semua hewan, termasuk hewan langka dirawat dengan baik sehingga kelestariannya tetap terjaga.

    Setibanya di kebun binatang, Bayu dan teman-temannya diminta oleh guru mereka untuk mengamati kegiatan dan cara perawatan hewan. Bayu dan teman-teman sekelasnya kemudian diminta membuat sebuah tulisan berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan. Tulisan Bayu dan teman-temannya tersebut dinamakan laporan hasil pengamatan. Apa saja yang perlu diperhatikan dalam teks laporan hasil pengamatan? Ceritakan pendapatmu!


Sumber: Buku ESPS 

Kegiatan Pengantar

Amatilah gambar di atas! Setelah mengamati gambar, coba diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut dengan teman sebelahmu! 

a. Kegiatan apa yang sedang dilakukan para tokoh dalam gambar? 

b. Menurutmu, apa alasan tokoh melakukan kegiatan tersebut? 

c. Alat apa saja yang digunakan tokoh pada gambar! 

d, Kira-kira, kapan kegiatan tersebut dilakukan? 

Susunlah hasil diskusimu menjadi paragraf laporan yang padu! Sampaikan laporan hasil pengamatanmu terhadap gambar tersebut di depan kelas secara bergantian! Lakukan dengan percaya diri!

A. Menyajikan Informasi dalam teks laporan pengamatan yang dibaca dan didengar

    Saat berada di suatu tempat, kamu pasti sering memperhatikan keadaan di sekitarmu. Pernahkah kamu memperhatikan keadaan sekitarmu dengan saksama?

    Saat mengamati keadaan di suatu tempat dengan saksama atau sungguh-sungguh, kamu bisa mendapat berbagai informasi. Misalnya, objek yang ada di sekitar, kegiatan yang ada di sekitar, dan suasana di sekitar. Semua informasi yang didapat dari pengamatan tersebut dapat dibuat menjadi sebuah teks laporan hasil pengamatan. Teks laporan hasil pengamatan berisi informasi tentang suatu objek atau kejadian yang diamati, meliputi waktu, tempat, hingga proses.

    Untuk mengetahui informasi dalam suatu teks laporan hasil pengamatan, kamu perlu mencermati isi teks tersebut. Bacalah atau dengarkan setiap bagian laporan dengan saksama. Catat setiap informasi penting yang kamu temukan. Setelah itu, barulah kamu dapat memahami dan menjelaskan informasi dalam teks laporan hasil pengamatan. Selanjutnya, bacalah contoh teks laporan hasil pengamatan pada halaman selanjutnya!


Catatan:

  • Teks laporan hasil pengamatan merupakan tulisan yang dibuat berdasarkan hasil penelitian/ pengamatan secara langsung (fakta) untuk menginformasikan kepada orang lain.
  • Beberapa bagian dalam laporan, yaitu nama kegiatan, lokasi, waktu, objek, dan hasil pengamatan.


Sumber:https://dolanyok.com/ragunan/

Laporan Hasil Pengamatan

Nama kegiatan        : Pengamatan Makhluk Hidup di Sekitar

Lokasi pengamatan : Kebun Binatang Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

Waktu pengamatan : Kamis, 5 April 2018

Objek pengamatan : Hewan di Kebun Binatang Ragunan

Hasil pengamatan : 

    Kebun Binatang Ragunan adalah sebuah tempat tinggal berbagai jenis hewan yang terletak di daerah Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kebun binatang ini didirikan pada tahun 1864 dengan luas 140 hektare. Selain itu, kebun binatang merupakan habitat buatan bagi para hewan, termasuk hewan langka. Di Kebun Binatang Ragunan terdapat kurang lebih 295 spesies dan 4.040 spesimen.

    Kebun Binatang Ragunan memiliki beragam spesies hewan yang dirawat di sana, seperti reptil, unggas, mamalia, dan primata. Untuk menarik pengunjung, para petugas kebun binatang bahkan membuat fasilitas khusus untuk melihat beberapa hewan. Misalnya, fasilitas dunia primata. Di sana para pengunjung dapat melihat berbagai jenis primata, khususnya orang utan. Selain itu, petugas kebun binatang juga memberikan fasilitas untuk berinteraksi dengan beberapa hewan primata di sana seperti memegang dan memberi makan.


    Setelah membaca teks laporan hasil pengamatan di atas, coba jawablah pertanyaan. pertanyaan berikut!

a. Kapan pengamatan tersebut dilakukan?

b. Bagaimana suasana atau keadaan objek yang diamati?

c. Informasi apa yang terdapat dalam paragraf pertama laporan tersebut?

d. Informasi apa yang terdapat dalam paragraf kedua laporan tersebut!

Susunlah jawabanmu menjadi sebuah paragraf! Setelah itu, sampaikan jawabanmu di depan kelas dengan percaya diri!



Amatilah gambar di atas. Tuliskan minimal tiga informasi yang kamu dapat setelah mengamati gambar di atas.

.................................................................................................................
.................................................................................................................
.................................................................................................................
.................................................................................................................




Related

Literasi 4521641650268360759

Post a Comment

emo-but-icon

item