BDR TEMA 4 Sub Tema 1 Kegiatan 5

Mata Pelajaran

ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Tujuan Pembelajaran: 

  1. Dengan diskusi dan mencari informasi, siswa mampu menjelaskan peranIndonesia dalam berbagai bentuk kerja sama di bidang sosial budaya dalam lingkup ASEAN dengan tepat.
  2. Setelah diskusi dan mencari informasi, siswa mampu menyajikan informasi tentang peran Indonesia dalam berbagai bentuk kerja sama di bidang sosial budaya dalam lingkup ASEAN dengan tepat.

Materi Pokok: Peran Indonesia dalam berbagai bentuk kerja sama di bidang sosial budaya.


APERSEPSI

Tahukan kalian?

Apa pengertian dari Globalisasi itu?

Dan apa saja fakta tentang Globalisasi yang ada di sekitarmu?

Coba amati gambar-gambar berikut!






MATERI

Bagaimana peran Indonesia dalam kerja sama di bidang sosial budaya dengan negara-negara ASEAN?


Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya.

Pada era globalisasi ini Indonesia juga melakukan kerja sama dengan negara lain, termasuk dengan negara-negara ASEAN. Salah satunya kerjasama di bidang sosial budaya, yaitu:

  1. Indonesia memberikan bantuan kemanusiaan kepada negara-negara yang sedang dilanda bencana atau konflik.
  2. Indonesia melakukan pertukaran pelajar, mahasiswa, dan guru dengan negara lain.
  3. Terdapat kesepakatan bersama di bidang pariwisata ASEAN Tourism Agreement (ATA).
  4. Indonesia bekerja sama dengan UNESCO sehingga batik resmi dimasukkan ke dalam Daftar Representative sebagai Budaya Tak-benda Warisan Manusia dari Indonesia (Representative List of The Intangible Cultural Heritage of Humanity).


MARI BERLATIH

Bersama orang tuamu, tuliskan kerja sama Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara di bidang sosial!

Tuliskan dalam bagan pikiran berikut !




EVALUASI

Ayo evaluasi !

Pilihlah jawaban yang paling tepat ya !


KESIMPULAN

Ayo kita bersama-sama membuat kesimpulan dari kegiatan belajar hari ini.


KESIMPULAN

  1. Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya.
  2. Indonesia memilik banyak peran dalam menjalin kerja sama dengan negara-negara ASEAN, termasuk kerjasama sosial budaya.
  3. Kerja sama Indonesia dengan negara-negara ASEAN bertujuan untuk menjaga kerukunan dan kemajuan negara-negara anggotanya.


KEBIASAAN BAIKKU

Coba kamu tuliskan di dalam kotak yang tersedia di bawah ini, sikap baik apa yang telah kamu lakukan hari ini !


Mata Pelajaran

Pendidikan Lingkungan Hidup

Tujuan Pembelajaran :

  • Peserta didik dapat memahami Pengertian dari pencemaran
  • Peserta didik dapat menjelaskan macam macam pencemaran

Materi Pokok: Pencemaran Lingkungan


APERSEPSI

Perhatikan gambar di bawah ini!






Ceritakan apa yang kalian amati berdasarkan gambar d atas!

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………


MATERI

    Pencemaran lingkungan adalah masuk atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi ataupun komponen yang lain ke dalam lingkungan dan bisa menyebabkan berubahnya tatanan yang sudah ada sebelumnya. Pencemaran lingkungan akan menyebabkan terjadinya penurunan kualitas udara sampai satu batas tingkatan tertentu yang mengakibatkan lingkungan tersebut menjadi kurang dan tidak dapat berfungsi kembali sesuai dengan tatanannya. National Geographic juga menyebutkan pencemaran lingkungan sebagai suatu zat atau bahan berbahaya ke dalam sebuah lingkungan. Bahan yang berbahaya tersebut disebut juga sebagai polutan. Polutan tersebut bisa merusak kualitas lingkungan di sekitarnya mencakup dari air, udara hingga tanah. Seluruh makhluk hidup, mulai dari mikroba hingga seluruh biota yang ada di darat dan laut sangatlah bergantung pada pasokan udara yang ada di bumi. Jika pencemaran lingkungan terjadi maka dapat dipastikan seluruh makhluk hidup yang ada akan bisa terganggu kesehatannya.

    Pencemaran lingkungan tentunya bisa terjadi apabila terdapat beberapa hal yang menjadi inti dan sumber masalahnya. Di bawah ini adalah beberapa penyebab utama dari bisa terjadinya pencemaran lingkungan:

a. Asap dan Emisi dari Kendaraan Bermotor

    Sebenarnya sungguh disayangkan bahwa sangat banyak kendaraan bermotor yang bisa dibeli dengan harga yang rendah. Harga kendaraan yang murah tersebut mengakibatkan banyaknya orang yang bisa membeli dan mempunyai kendaraannya sendiri. Dengan semakin banyaknya populasi kendaraan pribadi di jalan raya mengakibatkan terjadinya peningkatan asap gas buang atau emisi dari kendaraan tersebut. Lemahnya regulasi terhadap emisi dan gas buang juga menyebabkan siapa saja bisa dengan mudah memiliki kendaraan baru dan tidak perlu memperdulikan perawatan dari kendaraan yang dimilikinya. Jika kendaraan jarang dirawat maka otomatis emisi dari kendaraan akan meningkat dan membuat udara menjadi tercemar. Selain itu juga di Indonesia masih tidak adanya peraturan pajak kendaraan bermotor yang tinggi dan ketat. Siapa saja bisa mempunyai kendaraan dan terkadang masih tidak mau membayar pajak dari kendaraan yang dimilikinya. Berbeda halnya dengan negara – negara maju yang lainnya. Negara maju umumnya sudah mempunyai peraturan dan regulasi yang sangat ketat terhadap kepemilikan kendaraan bermotor. Negara – negara maju biasanya memberlakukan pengetesan terhadap emisi kendaraan secara berkala setiap tahunnya. Kendaraan yang tidak bisa melewati batas ambang emisi yang ditentukan sudah tidak boleh digunakan lagi kecuali pemilik melakukan perbaikan terhadap mesin dari kendaraaan yang dimilikinya.


b. Polusi dan Gas Buang dari Industri dan Pabrik

    Sumber dari penyebab terjadinya pencemaran lingkungan yang berikutnya adalah berasal dari polusi dan gas buang dari industri dan pabrik. Dilansir dari Lingkungan Hidup, sektor industrial telah menjadi sumber pencemaran lingkungan sejak awal dari revolusi industri. Awalnya industri dan pabrik mengandalkan sumber daya dari batu bara sebagai bahan bakar untuk mengoperasikan mesin industri.Hasil emisi dari penggunaan batu bara tersebut sangatlah membahayakan bagi lingkungan. Selain itu juga pabrik dan industri umumnya mempunyai limbah buangan akhir yang harus diolah dan dibuang dengan baik. Akan sangat berbahaya apabila terjadinya kebocoran dalam pengolahan limbah karena bisa berdampak buruk bagi tanah dan lingkungan sekitarnya.Meskipun hingga saat ini akhirnya sudah mulai banyak industri yang beralih dengan menggunakan energi terbarukan yang lebih ramah dan aman terhadap lingkungan. Kondisi ini juga sekaligus untuk mengurangi pencemaran lingkungan.

c. Pembuangan Sampah Sembarangan

    Penyebab dari pencemaran lingkugan yang berikutnya adalah pembuangan sampah sembarangan. Minimnya kesadaran dari masyarakat untuk membuang sampah dengan benar pada tempat pembuangan berhasil menyebabkan pencemaran lingkungan. Sampah yang dibuang secara sembarangan juga bisa menjadi sumber penyakit berbahaya oleh karena itulah perlunya sebuah kesadaran dari setiap individu agar mulai membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan.Selain itu Anda juga harus belajar untuk memisahkan mana sampah yang bisa diolah kembali dan mana yang tidak. Dengan membedakan kantong sampah antara yang organik dan tidak juga bisa mempermudah petugas untuk melakukan penyortiran


EVALUASI

Perhatikan lingkungan sekitarmu!

Berdasarkan pengertian pencemaran dan penyebabnya, Analisa keadaan lingkungan sekitarmu dan buatlah laporanya!

Nama :

Alamat :

Keadaan Lingkungan


......................................................................................................

......................................................................................................

......................................................................................................



Penyebab lingkunganya seperti itu dikarenakan

......................................................................................................

......................................................................................................

......................................................................................................


MARI BERLATIH

Mari kita saksikan bersama video berikut!


Setelah kalian menonton video tersebut, tuliskan penyebab terjadinya keadaan seperti tersebut!

KESIMPULAN

    Pencemaran lingkungan adalah masuk atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi ataupun komponen yang lain ke dalam lingkungan dan bisa menyebabkan berubahnya tatanan yang sudah ada sebelumnya. Pencemaran lingkungan akan menyebabkan terjadinya penurunan kualitas udara sampai satu batas tingkatan tertentu yang mengakibatkan lingkungan tersebut menjadi kurang dan tidak dapat berfungsi kembali sesuai dengan tatanannya

Penyebabnya dapat dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu :

  1. Asap kendaraan bermotor
  2. Gas dari pabrik
  3. Membuang sampah sembarangan.

Related

Kegiatan 8600691422721908762

Post a Comment

emo-but-icon

item