BDR TEMA 4 SUBTEMA 2 KEGIATAN 1

 Tulis Mata Pelajaran: PENDIDIKAN KEWARGAAN

Tujuan Pembelajaran:

1. Setelah berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi pentingnya sikap kerja keras dalam keberagaman ekonomi dengan benar.

2. Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan potensi dan usaha yang perlu dilakukan terkait dengan keberagaman ekonomi dengan terperinci.

Materi Pokok: Keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat.


APERSEPSI

Masih ingatkah kalian tentang keberagaman kegiatan ekonomi?

Kali ini kita akan mempelajari sikap apa yang harus kita miliki agar memperoleh kesuksesan dalam melakukan kegiatan ekonomi.


MATERI

Potensi yang terus diasah dengan kerja keras dan semangat pantang menyerah akan mengantarkan seseorang ke gerbang kesuksesan. Kesuksesan tersebut diwujudkan pada keberhasilan di bidang perekonomian. Keberhasilan suatu usaha ekonomi memberikan manfaat bagi banyak orang. Keberhasilan usaha ekonomi tersebut juga membantu terpenuhinya kebutuhan masyarakat. Jika kebutuhan terpenuhi maka kehidupan masyarakatpun dapat dikatakan sejahtera.

Masyarakat Indonesia mempunyai keberagaman ekonomi. Seperti yang telah kamu pelajari sebelumnya bahwa keberagaman itu dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya keterampilan dan pendidikan serta usaha keras. Setiap orang mempunyai potensi diri yang berbeda. Potensi tersebut harus diasah supaya seseorang bisa berhasil. Di era globalisasi seperti sekarang, setiap orang harus terus meningkatkan potensinya supaya ia terus bisa bersaing secara sehat.


MARI BERLATIH

Minta bimbingan orang tua mu untuk mengetahui potensi yang ada pada dirimu, potensi yang perlu dikembangkan dan usaha untuk mengembangkan diri!

Tuliskan hasilnya pada tabel berikut ya!

Potensi yang aku miliki

Potensi yang perlu aku kembangkan

Usaha untuk mmengembangkan diri

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 













EVALUASI

Ayo evaluasi !
Pilihlah jawaban yang paling tepat ya !


KESIMPULAN

Ayo kita bersama-sama membuat kesimpulan dari kegiatan belajar hari ini.


KESIMPULAN
Keberagaman kegiatan ekonomi yang ada di masyarakat tidak boleh membuat seorang pengusaha menjadi patah semangat dan malas. Melainkan harus ulet, tekun, dan selalu bekerja keras dalam kondisi tersebut agar usahanya berhasil.

KEBIASAAN BAIKKU

Coba kamu tuliskan di dalam kotak yang tersedia di bawah ini, sikap baik apa yang telah kamu lakukan hari ini !

Post a Comment

emo-but-icon

item